Hari Jadi ke-106 Kota Madiun Bertabur Prestasi

Jurnalis: Kurniawan
Editor: Gumilang

21 Juni 2024 03:30 21 Jun 2024 03:30

Thumbnail Hari Jadi ke-106 Kota Madiun Bertabur Prestasi Watermark Ketik
Bertepatan HUT kota Madiun 106 Pemkot borong penghargaan (foto : Kurniawan/Ketik.co.id)

KETIK, MADIUN – Upacara Peringatan Hari Jadi ke-106 Kota Madiun digelar di Alun-alun kota tersebut. Sebelum upacara dimulai, Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto memberikan bantuan dan bendera merah putih kepada puluhan abang becak di sekitar tempat upacara.

Ini sebagai salah satu bentuk perhatian Pemkot Madiun terhadap masyarakat. Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto menyampaikan, semangat dalam memperingati Hari Jadi ke-106 Kota Madiun ini sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas berkat, rahmat Allah SWT, Jumat (21/6/2024) 

"Kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan terhadap lahirnya Pemerintah Kota Madiun dan perjalanan sejarah panjang yang penuh dinamika hingga bisa mencapai perkembangan dan kemajuan seperti yang kita rasakan saat ini," ucap Pj Wali Kota Madiun Eddy Supriyanto dalam sambutannya.

Menurutnya, momentum Hari Jadi Kota Madiun merupakan sarana menumbuhkembangkan rasa persatuan dan kesatuan, kebanggaan daerah, mendorong semangat memiliki dan membangun daerah sendiri. 

Foto Pj Bupati Eddy Supriyanto (kiri)serahkan potongan tumpeng ke ketua DPRD Andi Raya (foto : Kurniawan)Pj Bupati Eddy Supriyanto (kiri)serahkan potongan tumpeng ke ketua DPRD Andi Raya (foto : Kurniawan/Ketik.co.id)

Dengan momentum ini, dinamika banyaknya perbaikan dan perubahan kearah yang positif telah sesuai dengan tema Hari Jadi ke-106 tahun 2024, yaitu Kota Madiun sebagai Pesona Dunia. 

Selain itu, terwujud melalui pembangunan Kota Madiun  yang menekankan keindahan dan daya tarik dari berbagai belahan dunia hadir dalam satu, yaitu Kota Madiun enam negara tanpa visa.

Kemudian, pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana strategis serta monumental yang pada saat ini dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Pada akhirnya mengantarkan Kota Madiun ke titik yang lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. 

"Berbagai penghargaan yang diperoleh Kota Madiun pada tahun ini merupakan bukti nyata bahwa Kota Madiun mampu menunjukan potensinya menjadi center city dalam perkembangan perekonomian serta kemajuan infrastruktur di Jawa Timur bagian barat," jelasnya.

Sejumlah penghargaan tersebut, di antaranya TPID Kabupaten/Kota berkinerja terbaik 2024 kawasan Jawa-Bali diserahkan kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Madiun.

Penghargaan Pembina K3 terbaik VIII Tahun 2024 tingkat Provinsi Jatim diserahkan kepada Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kota Madiun. 

Peringkat 1 Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Paritrana Award Tahun 2023 Provinsi Jatim Kategori Pemerintah Kabupaten dan Kota juga diterima Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UMKM Kota Madiun. 

Penghargaan Terbaik Ketiga Pelaksana Gotong Royong Terbaik di Provinsi Jatim Tahun 2024 kategori kelurahan diserahkan kepada Kelurahan Manisrejo.

Selain itu, juga diserahkan Anugerah Kompetisi dan Inovasi Kota Madiun, diantaranya Kategori 1 Terinovatif 3 kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Madiun atas inovasi Empok Remen (Kelompok Remaja Menulis). 

Kemudian, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun atas Inovasi Brokohan Digital dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Madiun atas Inovasi Petis Medan (Penyiraman Tanaman Otomatis Penyedia Jalan). 

Selanjutnya, SMP Negeri 10 Kota Madiun atas inovasi SIKAP SeBeNingMas (Sistim Informasi Komunikasi dan Administrasi Pembelajaran Sekolah Berbasis Learning Management System).

SMP Negeri 11 Kota Madiun atas inovasi Rumah Ibu, Layanan Perundungan dan Inklusi Berbasis Smile dan SD Negeri Pangongangan atas inovasi Lidi Pekan Gunung Jati (Literasi Digital Perpustakaan Gunung Jati). 

Sedangkan Inovasi Masyarakat Bidang Inovasi Teknologi Berbasis App Kategori 3 Terinovatif 1 diberikan kepada Chrisna Triananta atas inovasi alat penyiraman tanaman berbasis android tenaga matahari. 

Inovasi Masyarakat di Bidang Non Ekonomi, Kategori 3 Terinovatif 2 diserahkan kepada Heri Vita Winarko atas inovasi pesona K'Nongo Sasono Ngelmu KIM Winingo. 

Inovasi Masyarakat Bidang Inovasi Teknologi Berbasis App, Kategori 3 Terinovatif 3 diserahkan kepada Yosep R. Susianto atas inovasi Madiun Membaca My.ID. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Pendekar madiun Maidi HUT kota kota pecel