Hari Sumpah Pemuda, Pj Wali Kota Batu: Pemantik Semangat Persatuan

Jurnalis: Sholeh
Editor: Mustopa

28 Oktober 2024 18:19 28 Okt 2024 18:19

Thumbnail Hari Sumpah Pemuda, Pj Wali Kota Batu: Pemantik Semangat Persatuan Watermark Ketik
Pj Wali Kota Batu bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024 di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Senin 28 Oktober 2024. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, menyampaikan bahwa momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda sebagai pemantik semangat persatuan dan kesatuan di tengah situasi yang ada. 

Aries mengungkapkan harapannya kepada para pemuda untuk terus berperan dalam pembangunan nasional. Karena, dengan bantuan pemuda maka kemajuan Indonesia akan semakin nyata.

Hal itu disampaikannya saat menyampaikan sambutan sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-96 tahun 2024 di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Senin 28 Oktober 2024.

Pj Wali Kota yang juga Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur itu juga menekankan pentingnya peran generasi muda dalam menghadapi tantangan globalisasi.

 "Generasi muda saat ini dituntut untuk memiliki kemampuan yang adaptif terhadap perubahan zaman. Mereka harus siap berkompetisi di tingkat global, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa," jelasnya.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengangkat tema "Maju Bersama Indonesia Raya". Maka dari itu, Pj Wali Kota mengajak seluruh generasi muda Kota Batu untuk tidak mudah menyerah dalam menghadapi segala rintangan.

 "Jangan pernah takut untuk bermimpi besar dan berusaha untuk mencapainya. Dengan semangat pantang menyerah, saya yakin generasi muda Kota Batu akan mampu membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik," ujarnya.

Pj Wali Kota Batu juga mengajak generasi muda untuk selalu mengingat dan mengamalkan nilai-nilai luhur Sumpah Pemuda, yaitu satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa. Serta dengan terus menggarisbawahi pentingnya sumpah pemuda sebagai pondasi persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Nilai-nilai ini harus kita jadikan pedoman dalam hidup sehari-hari. Dengan bersatu dan bergotong royong, kita dapat membangun bangsa yang maju dan sejahtera," tegasnya.

Terakhir, Aries menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan seluruh pihak untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan pemuda yang berkarakter dan berdaya saing.

Dikatakannya, pemerintah, masyarakat, dunia usaha, dan lembaga pendidikan harus bersinergi menciptakan ekosistem yang kondusif bagi pemuda. 

"Pemerintah berperan menyediakan fasilitas dan program yang mendukung, masyarakat memberikan dukungan moral dan sosial, dunia usaha menyediakan lapangan pekerjaan, dan lembaga pendidikan mencetak generasi muda yang berkualitas," pungkas Aries.

Untuk informasi, salam upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda juga diserahkan penghargaan kepada para pemenang mobil hias Batu Art Flower Carnival 2024. Yaitu keluar menjadi Juara 1 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Juara 2 Dinas Pendidikan dan Juara 3 Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Turut hadir dalam upacara, Pimpinan DPRD Kota Batu, Jajaran Forkopimda Kota Batu, Sekretaris Daerah beserta seluruh jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemkot Batu, dan Pimpinan Organisasi Masyarakat se-Kota Batu.(*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu Hari Sumpah Pemuda Pemkot Batu Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai