Harun Masiku Belum Ditemukan, Pimpinan KPK: Kami Bukan Tuhan

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

13 Juni 2024 14:20 13 Jun 2024 14:20

Thumbnail Harun Masiku Belum Ditemukan, Pimpinan KPK: Kami Bukan Tuhan Watermark Ketik
Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak saat diwawancarai di Gedung Negara Grahadi, Kamis (13/6/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkesan tidak serius dalam memburu buronan tindak pidana korupsi, Harun Masiku.

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak tampak pasrah saat ditanya terkait perburuan mantan politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang sudah buron lebih dari empat tahun.

"Kita itu manusia hanya berusaha ya, apapun alasannya kita tetap senantiasa berusaha untuk mencari dan menemukan," katanya saat ditemui di Surabaya, Kamis (13/06/2024).

"Makanya kita sudah minta ditetapkan sebagai DPO. Jadi bukan kemudian minggu depan, kita kan bukan Tuhan," sambungnya.

Johanis Tanak membantah bahwa target penangkapan Harun diralat lantaran pihaknya sedang berupaya memburu sang buronan.

"Bukan masalah ralat tidak ralat. Kita kalau boleh satu hari, satu hari, tapi apakah kita Tuhan menentukan itu, kan enggak," tegasnya.

Kendati demikian, Johanis menegaskan bahwa KPK selalu berusaha untuk menangkap pelaku korupsi. "Yang jelas kita saat ini berusaha mencari dan menemukan pelaku tindak pidana korupsi di negeri ini, siapapun dia," ucapnya.

Saat disinggung terkait keberadaan Harun, Johanis enggan membeberkannya. "Itu saya tidak boleh mengungkapkan, kenapa? Ketika saya mengungkapkan di mana adanya dia, maka dia bisa menghilang," terangnya.

"Penyidik kita nanti kalau dia bilang di titik sini, ya hilang. Penyidik kita pergi ke sana hilang, sudah tidak ada. Jadi itu rahasia," katanya.

Terpenting, menurutnya, penyidik lembaga antirasuah terus berusaha mengejar Harun untuk ditangkap usai masuk dalam DPO selama 4 tahun.

"Ya itu saya bilang kita semua punya usaha tidak bisa menentukan tetapi kita senantiasa menjalankan tugas dengan baik dan benar," katanya.

Johanis menyebut KPK terus berusaha untuk menangkap Harun Masiku. "Tetap punya rasa tanggung jawab, dalam artian senantiasa menjalankan tugas ini dan tegas untuk menangkap yang bersangkutan," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPK Harun Masikun Korupsi DPO Buronan