Hati-Hati! Jangan Pernah Bagikan 5 Hal Ini di Sosial Media

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

19 Maret 2024 01:38 19 Mar 2024 01:38

Thumbnail Hati-Hati! Jangan Pernah Bagikan 5 Hal Ini di Sosial Media Watermark Ketik
Ilustrasi media sosial. (Foto; dok ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Di era serba moderen seperti saat ini, memiliki akun media sosial sudah menjadi sebuah kebutuhan. Melalui medsos, orang-orang dapat berinteraksi tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.

Banyak orang berlomba-lomba membuat konten yang menarik untuk dibagikan di media sosial mereka. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan banyak like dan followers demi menarik minat banyak netizen.

Akan tetapi, demi mendapatkan banyak followers dan like, banyak orang yang tanpa sadar melakukan oversharing dengan membagikan hal-hal pribadi yang sebenarnya tidak perlu ditampilkan di media sosial.

Berikut ini adalah beberapa informasi pribadi yang sebaiknya tidak dibagikan di media sosial karena berpotensi dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab.

1. Tanggal ulang tahun

Hal pertama yang sebaiknya dihindari adalah membagikan tanggal ulang tahun di media sosial. Walaupun mungkin kita merasa senang bisa mendapatkan banyak ucapan selamat ulang tahun dari netizen, namun mencantumkan tanggal lahir di profil dapat memberi penipu tentang salah satu informasi penting yang diperlukan untuk mencuri identitas pengguna.

2. Lokasi saat ini

Banyak orang tidak menyadari saat membagikan konten beserta lokasi dengan menggunakan fitur geotagging bisa memberi tahu orang asing jika anda sedang tidak berada di rumah. Tak hanya itu, status yang dibagikan dari lokasi lain juga berbahaya karena memberi tahu lokasi pengguna saat itu.

3. Foto keluarga yang ditandai

Banyak pengguna yang masih mengunggah foto keluarga mereka di media sosial dan menandainya dengan nama lengkap, baik itu anak maupun orang tua. Hal ini tentu cukup berbahaya karena orang luar akan mengetahui nama keluarga lengkap dan akan menipu dengan berpura-pura menjadi mereka.

4. Alamat rumah

Alamat rumah merupakan informasi rahasia yang sensitif. Jangan pernah memposting di mana pengguna tinggal karena itu akan mempermudah orang jahat. Ada banyak hal yang bisa dilakukan penjahat hanya dengan menggunakan alamat rumah. 

5. Nomor telepon pribadi

Jangan pernah membagikan nomor telepon secara publik di akun media sosial anda. Hal ini bisa digunakan penipu untuk mempersempit lokasi pengguna menggunakan alat pencarian nomor telepon dan hal itu dapat membahayakan pengguna.(*)

Tags:

teknologi media sosial informasi pribadi Konten Keamanan