Hujan Pertama di Surabaya, Masyarakat Gembira Tapi Khawatir

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Muhammad Faizin

23 September 2024 17:57 23 Sep 2024 17:57

Thumbnail Hujan Pertama di Surabaya, Masyarakat Gembira Tapi Khawatir Watermark Ketik
Suasana hujan Surabaya di pagi hari. (Foto: Instagram @call112surabaya)

KETIK, SURABAYA – Masyarakat Kota Surabaya sangat gembira karena Kota Pahlawan diguyur hujan untuk pertama kalinya, karena akhir-khir ini suhu di Kota Surabaya mencapai 35 derajat.

Hujan di Surabaya hari ini kemungkinan disebabkan oleh faktor cuaca, seperti pertemuan massa udara lembap atau sistem tekanan rendah di sekitar wilayah tersebut.

Musim hujan biasanya juga mempengaruhi curah hujan di daerah tersebut.

Musim hujan di Surabaya biasanya berlangsung dari bulan November hingga Maret. Puncak curah hujan biasanya terjadi antara Desember dan Februari.

Menurut pantauan Ketik, hujan di Surabaya terjadi pada pagi hari sekitar pukul 07.30 WIB, namun tidak semua wilayah Surabaya mengalami hujan. Ini adalah tanggapan masyarakat Surabaya mengenai hujan perdana pada pagi hari ini.

Aprilia Febry Anita (18) Warga Dukuh Menanggal menjelaskan bahwa pagi hari tadi Ia merasakan sejuk saat hujan, karena menurutnya cuaca malam hari kemarin sangat-sangat panas.

"Seneng karena memang kemarin malam kan puanas banget, ngga espek aja kalau pagi ini hujan, seneng sih, tapi ada takutnya, takut ngga bisa berangkat magang," jelasnya.

Di hujan pertama ini, April mengkhawatirkan akan ada penyakit-penyakit yang akan menyebar misalnya flu dan batuk.

"Takutnya si biasanya kalau kena hujan pertama itu kan sakit ada pertanda entah flu atau mungkin batuk," ucapnya.

Di hujan pertama ini, April sebagai warga Surabaya berharapa pada pemerintah kota untuk penanganan banjir di Kota Pahlawan.

"Lebih siap aja sih ngadepin bencana, fokus sama tempat yang emang sering banjir," harap Siswi SMK 1 Surabaya ini.

Warga Wonokromo Friescha Irmarisma (18) mengungkapkan rasa bahagianya saat menikmati suasana hujan pertama di Surabaya yang terjadi di pagi hari.

"Hujan pertama di Surabaya ini, aku senang banget udah lama nggak merasakan hujan di Surabaya, apalagi hujan pagi, pagi udaranya segar ditambah hujan pagi, suasananya adem banget," ucapnya.

Dengan hujan ini, Ia berharap masyarakat Surabaya harus lebih peduli lingkungan khususnya di selokan-selokan di wilayah pemukiman.

"Takutnya banjir, banyaknih selokan-selokan yang ada di Surabaya ini kotor, jadi takutnya waktu itu hujan deras takutnya airnya meluap ke atas," terangnya.

Warga Malang yang tinggal di Surabaya, Aurellia Farrel Sabrina Arifin (21) menjelaskan ia senang adanya hujan karena suasananya jadi sejuk.

"Senang ngga sepenas biasanya," jelas Mahasiswa UB ini.

Warga Gubeng Surabaya, Aisyah Fisa (23) mengungkapkan pagi hari ini lebih sejuk biasanya panas, jadi lebih menikmati perjalanan.

"Bersyukur banget, tapi kalau hujan takutnya itu kalau angin karena kasus di Surabaya ini banyak banget pohon yang tumbang," ucapnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

masyarakat Surabaya Kota Pahlawan hujan di Kota Surabaya hujan perdana Musim Hujan