Ibu Muda Wajib Tahu, Berikut Panduan dan Rekomendasi Mpasi Bayi 6 Bulan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

18 Mei 2024 02:01 18 Mei 2024 02:01

Thumbnail Ibu Muda Wajib Tahu, Berikut Panduan dan Rekomendasi Mpasi Bayi 6 Bulan Watermark Ketik
Ilustrasi bayi 6 bulan menikmati Mpasi. (Foto: Joyous Health)

KETIK, SURABAYA – Makanan Pendamping ASI (Mpasi) untuk anak usia 6 bulan sangat penting untuk memperkenalkan nutrisi tambahan selain ASI. Pada usia ini, bayi mulai membutuhkan nutrisi tambahan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Panduan MPASI untuk Bayi 6 Bulan

• Mulailah dengan makanan tunggal: Perkenalkan satu jenis makanan setiap kali untuk melihat apakah bayi memiliki alergi atau reaksi tertentu. Tunggulah 3-5 hari sebelum memperkenalkan jenis makanan baru.

• Tekstur halus dan lembut: Awali dengan makanan yang sangat halus seperti puree, karena bayi pada usia ini belum bisa mengunyah.

• Porsi kecil: Mulailah dengan 1-2 sendok teh makanan dan secara bertahap tingkatkan porsi sesuai dengan nafsu makan bayi.

• Berikan variasi: Setelah bayi terbiasa dengan beberapa jenis makanan, mulai berikan variasi untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Berikut daftar makanan Mpasi 6 bulan, dilansir dari Siloam Hospital

1. Protein nabati
Memberikan makanan yang mengandung protein nabati dalam menu MPASI bayi 6 bulan, seperti tahu, tempe, dan kacang-kacangan dapat membantu melengkapi kebutuhan gizi harian buah hati. Ibu bisa menambahkan kacang edamame yang direbus kemudian dilumatkan sebagai makanan pendamping ASI anak.

2. Protein hewani

Makanan yang mengandung protein hewani, seperti daging, hati, dan ikan merupakan salah satu sumber gizi yang paling dibutuhkan oleh bayi usia 6 bulan. Pemberian daging sebagai makanan pendamping ASI si kecil sebanyak 60–80 gram dalam sehari dapat membantu mencegah stunting

3. Buah dan sayur

Sebenarnya, bayi belum begitu membutuhkan asupan buah dan sayur dalam jumlah banyak. Buah dan sayuran cukup diberikan sebanyak 200–400 gram per hari. Jika dikonsumsi secara berlebihan, dikhawatirkan serat di dalam buah dan sayur justru dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi, seperti sembelit.

Jadi, cukup berikan buah dan sayur sebagai makanan selingan di sela-sela waktu makan utama namun berikan jarak waktu agar tidak terlalu berdekatan. Ibu bisa memberikan buah-buahan pada si kecil dengan mengolahnya menjadi puree.

Selain itu, pentingnya juga mengetahui jadwal Mpasi 6 bulan

Berikut adalah jadwal MPASI 6 bulan:

Pukul 06:00 = ASI.
Pukul 08:00 = Pemberian MPASI pertama.
Pukul 10:00 = ASI.
Pukul 12:00 = ASI.
Pukul 14:00 = ASI.
Pukul 16:00 = Pemberian MPASI kedua.
Pukul 18:00 = ASI. (*)

Tombol Google News

Tags:

MPASI nutrisi tambahan bayi 6 bulan panduan mpasi Bayi Asi