Ingin Membuat Kue Kastengel yang Renyah, Ikuti Tips Ini

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Moch Khaesar

18 April 2023 22:00 18 Apr 2023 22:00

Thumbnail Ingin Membuat Kue Kastengel yang Renyah, Ikuti Tips Ini Watermark Ketik
Kue Kastengel.( Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Menyambut hari Raya Idul Fitri banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah hidangan kue kering yang sudah menjadi tradisi secara turun menurun.

Salah satu kue kering yang wajib ada saat moment hari lebaran adalah Kastengel. Kastengel merupakan salah satu kue favorit yang selalu ada saat perayaan hari raya Idul Fitri.

Kue ini memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah. Walaupun saat ini banyak toko kue menjual kastengel untuk disajikan di atas meja, namun tidak sedikit orang yang lebih memilih membuatnya sendiri di rumah.

Kue Kastengel sebenarnya termasuk kue yang cukup mudah untuk dibuat. Hanya saja memang perlu trik trik khusus agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan.

Berikut ini kami uraikan tips membuat Kastengel agar hasilnya sempurna.

1. Gunakan tepung protein rendah

Tepung terigu adalah salah satu bahan utama dalam membuat kastengel. Untuk itu pilihlah tepung terigu dengan kandungan protein rendah. Tepung terigu protein rendah bisa dipakai untuk menghasilkan tekstur kastengel yang lebih renyah. Selain itu sebelum memasak usahakan mengayak tepung terlebih dahulu agar teksturnya lebih ringan.

2. Jangan uleni adonan hingga terlalu kalis

Dalam membuat adonan kastengel jangan menguleni adonan hingga terlalu kalis. Cukup campurkan adonan basah dan kering hingga tercampur rata dan siap dicetak.

3. Simpan adonan di dalam kulkas

Kalau adonan yang dibuat terasa agak lembek, bisa disimpan dan didiamkan dulu selama sekitar 30 menit di kulkas. Melansir laman Marthastewart.com, pada dasarnya mendinginkan adonan di dalam kulkas akan mencegah adonan meluber, meleleh atau melebar saat dipanggang.

4. Gunakan telur secukupnya 

Jika ingin menghasilkan kue kastengel dengan tekstur yang lebih renyah jangan lupa untuk gunakan telur secukupnya. Penggunaan telur berguna untuk mengempukan adonan. Telur perlu dimasukkan satu per satu dalam proses pencampuran dengan mixer. Pastikan telur terkocok baik bersama adonan mentega sebelum kita memasukkan kuning telur berikutnya.

5. Setelah dipanggang setengah matang olesi dengan mentega

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal jangan lupa panggang kastengel hingga setengah matang, lalu olesi dengan mentega. Kemudian panggang kembali hingga matang sempurna. 

Dengan tahap pengolesan ini, taburan keju pun tidak terlalu keras serta adonan kue lebih kokoh dan tidak pecah.(*)

Tombol Google News

Tags:

Idul Fitri Sajian Lebaran Kue kering Kastengel memasak