Ini Jalur Alternatif di Kota Batu saat Macet Lebaran

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

8 April 2024 06:00 8 Apr 2024 06:00

Thumbnail Ini Jalur Alternatif di Kota Batu saat Macet Lebaran Watermark Ketik
Simpang Tiga Batos Kota Batu menuju jalur alternatif melalui kelurahan Temas. (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Sebagai Kota Wisata, Kota Batu Jawa Timur menjadi jujugan wisatawan untuk berlibur. Tak terkecuali libur lebaran Idul Fitri 2024, Kota Batu diprediksi akan banjir wisatawan. 

Karena banyaknya wisatawan yang akan masuk Kota Batu dari arah Karangploso dan Dau Kabupaten Malang, kemacetan di jalan utama pun kerap kali tidak terhindarkan. Bila kemacetan sudah tidak bisa terurai, biasanya Polres Batu akan menerapkan sistem satu arah atau One Way. 

Saat sistem satu arah diberlakukan di jalan Ir Soekarno atau pertigaan Pendem hingga jalan Pattimura sampai Jalan Dewi Sartika Depan Pasar Among Tani. Jalan ini khusus untuk kendaraan yang akan ke Kota Batu. 

Sedangkan untuk jalur keluar dari Kota Batu menuju pengendara bisa melalui Jalur Lingkar Barat di Desa Oro-oro Ombo, yang akan tembus jalan Ir Sukarno Pertigaan Pendem.

Jika pengendara sedang di tengah kota Batu, bisa belok kiri dari Batu Town Square (Batos) melewati Kelurahan Temas yang akan tembus Karangploso kabupaten Malang. Atau bisa melewati pertigaan Bendo menuju Jalan Raya Giripurno  tembus Karangploso, Kabupaten Malang.

Sedangkan, dari arah Pujon Kabupaten Malang, hanya ada satu jalur yaitu melewati wisata payung. Ada Jalur alternatif Klemuk Songgoriti, namun tidak direkomendasikan saat libur panjang. Karena memiliki medan yang curam. Dan kerapkali terjadi kepadatan kendaraan disana.(*)

 

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu libur lebaran Idul Fitri macet Wisata Jalur alternatif One way