Ini Kronologi Sumur Bor di Madura Keluarkan Air Sangat Deras Tanpa Pompa

Jurnalis: Mat Jusi
Editor: Gumilang

2 Agustus 2024 21:30 2 Agt 2024 21:30

Thumbnail Ini Kronologi Sumur Bor di Madura Keluarkan Air Sangat Deras Tanpa Pompa Watermark Ketik
Sumor Bor yang mengeluarkan air sangat deras tanpa bantuan pompa di Dusun Tanaong Desa Pandan Kecamatan Omben Kabupaten Sampang (Foto: Mat Jusi/Ketik.co.id)

KETIK, SAMPANG – Fenomena alam terjadi menggemparkan warganet. Pasalnya, ada sumur bor yang mengeluarkan air sangat deras tanpa bantuan pompa atau mesin di Dusun Tanaong, Desa Pandan, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, Jumat (02/08/2024).

"Kejadian itu berawal saat warga setempat melakukan pengeboran air di halaman rumahnya, berharap mendapatkan sumber air untuk dimanfaatkan bersama masyarakat, karena di daerahnya dinilai masih kekurangan air," kata Sohib Tokoh Masyarakat setempat. Jumat (02/08/2024).

Menurutnya, pengeboran yang dilakukan warga tersebut sudah memasuki 38 hari dengan kedalaman kurang lebih 90 meter.

"Semburan air dengan kira-kira ketinggian 15 meter itu terjadi sejak tadi malam, sekira jam 01.00 Wib dini hari dan sudah dilaporkan ke BPBD Kabupaten Sampang", ujarnya.

Untuk saat ini, imbuh dia, kondisi air masih bening dan tidak ada tanda-tanda bau menyengat seperti bahu gas. Tidak tau nanti tindak lanjutnya seperti apa. 

"Peristiwa semburan air ini sempat membuat kaget warga, hingga tertarik untuk datang ke lokasi pengeboran," terangnya.

Terpisah, saat dikonfirmasi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sampang Candra Amin mengatakan, terkait air bor, saat ini bagian perekonomian, DLH dan Dinas SDM Provinsi ke lokasi. "Kalau dari BPBD tidak punya kapasitas untuk mengecek," tuturnya.

Seperti diberitakan Ketik.co.id sebelumnya, warga di Dusun Tanaong, Desa Pandan, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura beberapa waktu terakhir dibuat heran. 

Sebuah sumur bor di dusun tersebut, tiba-tiba mengeluarkan air dengan sangat deras, padahal tanpa ada bantuan mesin pompa. Warga akhirnya menggelar kegiatan pengajian khotmil Qur'an atau kegiatan mengkhatamkan al-Qur'an di lokasi sumur bor.

Kegiatan khotmil Qur'an tersebut terekam dalam kamera video warga dan viral di berbagai platform media sosial.  (*)

 

 

Tombol Google News

Tags:

Sumor Bor pompa air Deras Dusun Tanaong Desa Pandan Kronologi Pengeboran sumur