Ini Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi yang Tak Banyak Disadari Orang, Tips drg Adi dari Malang

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Muhammad Faizin

14 Oktober 2023 02:00 14 Okt 2023 02:00

Thumbnail Ini Pentingnya Merawat Kesehatan Gigi yang Tak Banyak Disadari Orang, Tips drg Adi dari Malang Watermark Ketik
drg Adi Andito Putra (Foto: dokumen pribadi)

KETIK, MALANG – Sebagai salah satu organ penting untuk makan sehari-hari, gigi sangat penting bagi manusia. Pentingnya menjaga kesehatan gigi bahkan juga terkait dengan senyum. 

Sayangnya, masih banyak kesalahpahaman orang dalam merawat kesehatan gigi. Hal ini seperti yang dipaparkan Adi Andito Putra, seorang dokter gigi yang bekerja di Chroma Dental Station, Malang, Jawa Timur perihal pentingnya menjaga kesehatan gigi.

"Satu kata yang saya sampaikan, perihal menjaga kesehatan gigi yaitu penting! Mungkin tak sedikit yang meremehkan kondisi giginya berlubang, atau bahkan di saat sudah terdapat pembengkakan, atau
tumbuh daging/polip tetap dibiarkan," kata pemuda yang akrab dengan panggilan Adi kepada media online nasional Ketik.co.id, Jumat (13/10/2023).

Pemilik akun media sosial Instagram @adiandito_ dan @chromadentalstation itu menyampaikan, bahwa perlu disadari, gigi adalah salah satu organ tubuh yang selalu digunakan setiap hari, untuk berbicara, makan, bahkan tersenyum. 

"Tak hanya sampai situ, susunan gigipun sangat mempengaruhi penampilan kita, bentuk wajah kita, pola senyum kita, tidak hanya untuk kalangan muda, namun juga pada usia lanjut," ungkap Adi.

"Sehingga memiliki gigi yang lengkap dan sehat, itu penting untuk menjaga hidup kita tetap berkualitas," lanjutnya. 

Oleh karena itu, lulusan FKG Universitas Airlangga Surabaya ini tidak bosan-bosannya selalu mengajak masyarakat untuk rajin menyikat gigi. Namun perlu diperhatikan, ternyata sekadar rajin menyikat gigipun tidak cukup. 

Menurutnya, begitu banyak kesalahan-kesalahan kecil saat menyikat gigi yang berdampak cukup besar pada kondisi gigi. Mulai dari jumlah pasta gigi yang terlalu banyak saat digunakan, atau terlalu seringnya menggunakan obat kumur hampir setiap hari. 

"Bisa pula dengan teknik menyikat gigi yang kasar, atau gerakan yang tidak seharusnya, masing-masing dari yang telah saya sebutkan mampu membuat kondisi gigi menjadi bermasalah loh," terang Adi dengan jelas dan gamblang.

Sehingga kata Adi yang juga hobi dengan Movie/K-drama ini, penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi yang dipercaya, terkait bagaimana cara yang baik untuk mempertahankan kondisi gigi yang sehat.

Ia juga menyebut, bahwa bukan rahasia lagi kalau gigi berlubang itu sangat menyakitkan. Selain mengganggu kegiatan sehari-hari, gigi yang berlubang juga dapat membesar seiring berjalannya waktu. 

"Sehingga tidak cukup dengan mengkonsumsi obat anti-nyeri, gigi yang berlubang membutuhkan intervensi dari dokter gigi untuk dilakukan perawatan tambal gigi, sebelum semakin membesar," ungkapnya.

Sehingga, Adi menegaskan, dengan kondisi gigi yang sehat, tidak hanya membuat nyaman saat beraktivitas sehari-hari. Tapi juga menunjang rasa percaya diri, dan tentunya membuat makan menjadi lebih nikmat.

"Mari selalu menjaga kesehatan gigi, seperti campaign yang dibawa pada World Oral Health Day 2023 ini, Be
Proud with Your Mouth, berupa ajakan untuk segala kalangan usia, bahwasannya kita harus bangga dengan kesehatan gigi," beber Adi.

"Karenanya, mau berapapun usiamu, gigi akan selalu kita gunakan, sehingga penting untuk selalu menjaga gigi sehat dan lengkap, guna mendukung kualitas hidup yang lebih baik. Ayo konsultasikan permasalahan gigimu di Chroma Dental," tandasnya.

Sebagai informasi, berikut prestasi yang dimiliki oleh Adi yaitu:
1. Juara 3 Dimas Diajeng Stetsa (SMAN 4
Malang) 2014.
2. 1st Place of Enterprenurial Student
Creativity Program of Student Scientific Week, Universitas Airlangga
2015.
3. 2nd Place of Leadership
Category of Student Excellence Award Faculty of Dental Medicine,
Universitas Airlangga 2018. 


Adapun pengalamannya, yaitu:
1. Sosialisasi di Grand Final Putri Hijab Jawa Timur 2023, berbicara mengenai
berbagai miss-konsepsi terkait cara menjaga kesehatan gigi.
2. Kegiatan tindakan perawatan pencabutan gigi bungsu bersama Dokter Gigi Spesialis
Bedah Mulut di Chroma Dental Station.
3. Pemeriksaan gigi gratis oleh Chroma Dental Station bekerjasama dengan Putri Hijabfluencer Jawa Timur 2022.
4. Kegiatan Soft Opening Praktek Dokter Gigi: Chroma Dental Station, Malang.
5. Kegiatan Ramadhan: Keluarga Chroma Dental Station berbagi pengetahuan dasar kesehatan gigi bersama Putri Hijabfluencer Jawa Timur dan masyarakat Kota Malang. (*)

Tombol Google News

Tags:

Adi Andito Putra Malang Kesehatan Gigi dokter gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga Chroma Dental Station drg