Ini Tujuh Koperasi Penerima Penghargaan Hari Koperasi di Lumajang

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Muhammad Faizin

30 Juli 2024 08:44 30 Jul 2024 08:44

Thumbnail Ini Tujuh Koperasi Penerima Penghargaan Hari Koperasi di Lumajang Watermark Ketik
Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi (Foto : Dinas Kominfo Lumajang)

KETIK, LUMAJANG – Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memberikan penghargaan bagi Koperasi Sehat 2024 dalam acara Tasyakuran Hari Koperasi Nasional ke-77 dan Gathering Koperasi yang berlangsung di Rumah Makan Pondok Asri (PA) Lumajang, Selasa (30/7/2024). Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang Indah Wahyuni atau yang akrab disapa Yuyun. 

Dalam sambutannya, Yuyun mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada delapan koperasi sehat dari empat kategori, yaitu Koperasi Pegawai Negeri, Koperasi Wanita/KSPPS, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), dan Koperasi Lainnya. Masing-masing penerima penghargaan juga mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta untuk juara I dan Rp 2 juta untuk juara II.

"Dari masing-masing juara diberikan uang pembinaan sebesar Rp 3 juta untuk juara I, kemudian untuk juara II sebesar Rp 2 juta," ujarnya.

Yuyun berharap, penghargaan tersebut dapat menjadi motivasi sekaligus pendorong bagi koperasi di Lumajang untuk terus memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada anggota serta masyarakat Lumajang secara keseluruhan.

Dirinya juga menekankan pentingnya koperasi sebagai pilar ekonomi lokal yang dapat membantu mengurangi ketergantungan masyarakat pada pinjaman online yang seringkali merugikan.

"Saya berharap Hari Koperasi ini menjadi agenda tetap setiap tahunnya, agar gerakan koperasi Lumajang bisa terus memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat," harapnya.

Berikut adalah deretan koperasi yang meraih penghargaan Koperasi Sehat 2024:

Kategori Koperasi Pegawai Negeri

Juara 1 : KPRI Ganesha Klakah dengan skor 85,35

Juara 2 : KPRI Sakti Ranuyoso dengan skor 84,83K

Kategori Koperasi Wanita/KSPPS

Juara 1 : Kopwan Kencana Mas Pasrujambe dengan skor 93,24

Juara 2 : KSPPS Nino Jaya Berkah Kedungjajang dengan skor 82,15K

Kategori Koperasi Simpan Pinjam

Juara 1 : KSP Makmur Sejahtera Sukodono dengan skor 85,37

Juara 2 : KSP Teratai Mas Sukodono dengan skor 85,34K

Kategori Koperasi Lainnya:

Juara 1 : Kopkar Mustikatama Tempeh dengan skor 90,45

Juara 2 :  Kopkar Prima Lumajang dengan skor 88,08

Pj. Bupati juga menekankan pentingnya koperasi dalam mendukung perekonomian daerah dan mengajak seluruh masyarakat untuk lebih aktif bergabung dan memanfaatkan koperasi sebagai sarana pengembangan ekonomi.

"Dengan gerakan lebih mencintai dan memanfaatkan koperasi, kita bisa membebaskan masyarakat dari jebakan pinjaman online dan membangun ekonomi yang lebih sehat dan berkelanjutan," pungkasnya. (*) 

Tombol Google News

Tags:

Hari koperasi Lumajang berita lumajang hari ini PJ Bupati Lumajang Indah Wahyuni