Inilah 10 Posisi dengan Gaji Tertinggi di Perusahaan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

2 Desember 2023 04:15 2 Des 2023 04:15

Thumbnail Inilah 10 Posisi dengan Gaji Tertinggi di Perusahaan Watermark Ketik
Ilustrasi meeting kerja. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Dalam melamar suatu pekerjaan, gaji merupakan salah satu faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan. Sebagai pencari kerja tentu kita ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang tinggi.

Namun tentu saja gaji yang tinggi memiliki tanggung jawab yang tinggi pula, dan biasanya berada di level senior. Untuk mencapai posisi tersebut diperlukan skill yang mumpuni dan jam terbang yang tinggi.

Berikut ini adalah daftar 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia. Data ini dikutip dari Michael Page tahun 2023, Sabtu (2/12/2023).

1. Corporate Suite Roles (C-Suite)

Posisi ini merupakan posisi tertinggi yang ada di suatu perusahaan. Tentu saja jabatan tersebut memiliki pengaruh atau wewenang yang tinggi. Salah satu contohnya yaitu CEO atau Chief Executive Officer. 

Di Indonesia, gaji untuk posisi tersebut berkisar dari dari Rp 125 juta hingga Rp 200 juta. Bahkan untuk di bidang properti atau konstruksi bisa mencapai Rp 248 juta per bulan.

Namun, dengan gaji yang tinggi pasti memiliki tugas berat, yakni bertanggung jawab mendorong keberhasilan, pertumbuhan, dan keberlanjutan organisasi dalam jangka panjang.

2. Direktur Operasi Pertambangan

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa pekerja di sektor pertambangan memiliki gaji yang tinggi. Apalagi jika jabatannya sudah mencapai direktur operasi pertambangan. Dalam sebulan, income yang didapatkan bisa mencapai Rp 230 juta. 

Posisi ini digaji mahal karena memiliki peran strategis, seperti untuk merencanakan, pengorganisasian, pengarahan, dan koordinasi kegiatan dan sumber daya yang diperlukan dalam mengelola energi dan sumber daya alam.

3. Direktur Risiko

Posisi ini penting untuk memastikan suatu perusahaan membuat keputusan yang tepat. melindungi aset dan reputasinya, dan menjaga kepatuhan terhadap hukum dan peraturan. Karena memiliki tanggung jawab yang besar, direktur risiko dapat digaji hingga Rp 180 juta.

Jumlah ini tentu sangat besar bila dibandingkan dengan profesi lainnya. Dalam bekerja, seorang direktur risiko selalu bekerja sama dengan berbagai stakeholder agar risiko yang dihasilkan dapat diminimalisir secara efektif dan komprehensif.

4. Wakil Presiden Hubungan Pemerintah

Posisi ini bertugas untuk memimpin perencanaan strategis dan mengarahkan tujuan keterlibatan untuk mengembangkan dan memelihara hubungan produktif dengan semua otoritas pemerintah demi mencapai tujuan organisasi.

Gaji pada posisi ini bisa mencapai Rp 170 juta tergantung dari industrinya. Tugasnya menjalin hubungan baik dengan pihak pemerintah agar proses operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kebijakan pemerintah.

5. Direktur Penjualan

Sesuai dengan namanya direktur penjualan memiliki tanggung jawab untuk mengatur strategi guna menaikkan pertumbuhan penjualan demi meningkatkan profit perusahaan. 

Gaji yang mereka dapatkan berkisar antara Rp 100 juta hingga Rp 155 juta per bulan. Dalam meningkatkan penjualan, direktur penjualan akan mengidentifikasi peluang baru, menjalin hubungan baik dengan pelanggan dan mengoptimalkan proses penjualan.

6. Direktur Proyek

Direktur proyek bertanggung jawab terhadap segala hal yang berkaitan dengan tata kelola suatu proyek, mulai dari penganggaran hingga memastikan keberhasilan proyek. Dalam sebulan, income yang dihasilkan bisa mencapai Rp 130 hingga Rp 150 juta.

Untuk direktur proyek diperlukan pengalaman dan skill yang mumpuni, hal ini lantaran keberhasilan proyek sangat tergantung pada perencanaan yang dilakukan oleh direktur proyek. Oleh sebab itu, tidak heran bila posisi ini bisa dibayar mahal.

7. Direktur Operasi

Seorang direktur operasi dapat memperoleh gaji Rp 140 juta apabila bekerja di bidang industri dan manufaktur.

Direktur Operasi memiliki tugas untuk mengembangkan dan melaksanakan rencana strategis perusahaan. Hal ini bisa mencakup banyak hal, mulai dari operasional, produktivitas, penganggaran, distribusi hingga berhubungan langsung dengan pelanggan dan pemerintah.

8. Wakil Presiden Senior Industri 

Wakil presiden senior memegang peran eksekutif dalam organisasi, biasanya melapor kepada CEO atau presiden perusahaan. Tugasnya mengawasi departemen (misalnya teknik, pemasaran) atau wilayah tertentu tempat perusahaan beroperasi.

Karena tugasnya yang cukup kompleks, wakil presiden senior atau wakil presiden eksekutif di bidang perbankan investasi dapat memperoleh gaji Rp 130 juta.

9. Kepala Pengembangan Software 

Posisi ini bertanggung jawab untuk mengawasi dan memimpin tim pengembangan software dalam suatu organisasi. Seorang kepala pengembangan software biasanya memiliki kombinasi pengetahuan bisnis, keterampilan pemrograman, dan pengalaman dengan berbagai proses teknologi informasi.

Oleh sebab itu, seorang kepala teknik dalam pengembangan software di bidang digital dan teknologi dapat menghasilkan Rp 120 juta setiap bulannya.

10. Direktur Operasi Manufaktur

Posisi ini bertugas mengawasi operasional perusahaan sehari-hari, seperti memberi tahu CEO tentang peristiwa penting, berkolaborasi dengan direktur utama dan berkonsultasi dengan mereka tentang keputusan penting.

 Direktur operasi manufaktur harus memastikan proses operasional berjalan sesuai dengan standart dan peraturan industri. Gaji yang bisa didapatkan pada posisi ini di bidang industri dan manufaktur mencapai Rp 110 juta.(*)

Tombol Google News

Tags:

pekerjaan Gaji tinggi posisi direktur CEO