Inilah Beberapa Aplikasi yang Digunakan untuk Ibadah Selama Ramadan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

23 Maret 2023 07:21 23 Mar 2023 07:21

Thumbnail Inilah Beberapa  Aplikasi yang Digunakan untuk Ibadah Selama Ramadan Watermark Ketik
Ilustrasi.(Foto:Lisa/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Saat ini seluruh umat Islam di seluruh dunia sedang bersuka cita karena bulan Suci Ramadan telah tiba. Selama Ramadan umat Islam akan melakukan ibadah puasa selama satu bulan penuh sebagai wujud ibadah kepada allah SWT.

Apalagi selama bulan Suci Ramadan setiap ibadah yang kita lakukan akan mendapatkan pahala berkali kali lipat dibandingkan bulan bulan lain. Hal ini merupakan salah satu keutamaan bulan ramadan.

Berbicara tentang ibadah tentunya di era teknologi saat ini kita di mudahkan dengan berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk mempermudah ibadah selama bulan suci ramadan.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi yang dapat kamu instal di smartphone mu untuk mempermudah ibadah di bulan Ramadan.

 

1. Aplikasi Jadwal Salat

Jadwal salat merupakam salah satu aplikasi yang wajib ada di smartphonemu. Keberadaan aplikasi ini akan memudahkan mu untuk mengetahui waktu salat secara tepat waktu.

Selain itu dalam aplikasi ini juga terdapat fitur pengingat untuk waktu sahur, imsak, hingga berbuka puasa juga. Tidak hanya itu beberapa aplikasi juga memiliki notifikasi berupa suara adzan jika sudah masuk waktu salat.

2. Alquran dan Terjemahan

Salah satu amalan yang banyak dilakukan orang di bulan Suci Ramadan adalah membaca Alquran. Alih alih membawa Alqur'an berupa buku fisik kemana mana. Kamu dapat menginstal aplikasi Alquran di smartphone agar lebih praktis.

Beberapa aplikasi Alquran bahkan memberikan contoh bagaimana cara membaca yang benar. Jika kamu tidak begitu memahami dengan kalimat yang ada di dalam Alquran.

3. Kumpulan Dzikir

Selain jadwal salat dan Alqur'an, kamu juga bisa mendownload aplikasi Dzikir yang bisa diamalkan selama bulan Suci Ramadan. Tak cuma sekadar bacaan, aplikasi ini juga menyediakan terjemahan dan audio untuk membantu pengguna dalam membaca dzikir dengan benar.

4. Resep Masakan Ramadan

Aplikasi terakhir yang bisa kamu manfaatkan adalah kumpulan resep masakan selama bulan ramadan seperti berbuka maupun sahur. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pencarian berdasarkan jenis masakan dan bahan-bahan yang tersedia.(*)

Tombol Google News

Tags:

Aplikasi smartphone ibadah Ramadan salat alquran