Inilah Tips Merawat Rambut Beruban agar Tetap Mempesona

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

5 September 2023 18:06 5 Sep 2023 18:06

Thumbnail Inilah Tips Merawat Rambut Beruban agar Tetap Mempesona Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Rambut beruban adalah kondisi itu muncul saat seseorang berusia lanjut. Selain itu munculnya uban  bisa disebabkan oleh faktor lain. Salah satunya adalah kekurangan vitamin B12, stres yang parah, ataupun gangguan tiroid. 

Ubam  adalah Kondisi rambut yang berubah menjadi putih karena folikel rambut yang kehilangan pigmennya akibat bertambahnya usia seseorang. Walaupun memiliki rambut yang beruban bukan berarti kamu tidak bisa tampil mempesona. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar rambut berubanmu tetap mempesona. Simak penjelasannya.

1. Rutin Gunakan Hair Oil

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menggunakan hair oil pada rambut beruban. Hal ini sangat penting karena rambut beruban lebih rentan kehilangan kelembapan karena kehilangan pigmennya. 

Untuk rambut beruban gunakan hair oil yang berbahan alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, black sesame dan lainnya. Bahan-bahan tersebut terbukti dapat menjaga kelembapan rambutmu.

2. Hindari Mencabut Uban

Memiliki rambut beruban seringkali membuat kepala kita terasa gatal dan bisa mengurangi penampilann. Namun walaupun begitu jangan pernah mencabut rambut beruban, karena dapat mengganggu pertumbuhan rambutmu. 

Seringnya rambut dicabut dengan paksa juga dapat menyebabkan kerusakan pada folikel rambut sehingga tekstur rambut berubah menjadi lebih kasar dan mudah rapuh.

3. Mengkonsumsi Vitamin B12

Selain merawat rambut dari luar, jangan lupa untuk merawatnya dari dalam. Salah satunya dengan mengkomsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Vitamin ini dapat mengendalikan pertumbuhan uban pada rambutmu, dan menjaga kilau alami rambut. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B12 antara lain adalah daging merah, produk olahan susu, dan sereal.(*)

Tombol Google News

Tags:

perawatan rambut rambut beruban hair oil vitamin B12 Folikel Rambut pigmen