Istimewa, Upacara Kemerdekaan di Pacitan Dihadiri Presiden ke-6 SBY

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

17 Agustus 2023 06:58 17 Agt 2023 06:58

Thumbnail Istimewa, Upacara Kemerdekaan di Pacitan Dihadiri Presiden ke-6 SBY Watermark Ketik
SBY bersama kedua putranya hadiri prosesi upacara kemerdekaan di tanah kelahirannya. (Foto: Prokopim)

KETIK, PACITAN – Upacara detik-detik pembacaan proklamasi Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Kamis (17/8/2023) dihadiri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Prosesi upacara digelar di halaman depan Pendopo Kabupaten, SBY berada di kursi kehormatan barisan paling depan. SBY bersandingan dengan kedua putranya, yang juga mengikuti upacara bendera dengan khidmat.

Usai prosesi upacara, SBY sempat menyapa para tamu undangan lain yang dilaluinya, sebelum beranjak meninggalkan lokasi upacara.

"Selamat ulang tahun kemerdekaan untuk semua. Semoga Indonesia semakin maju dan sejahtera. Semoga juga Pacitan ke depan bisa melahirkan sumber daya manusia unggul, yang bisa berkontribusi dalam pembangunan dan kemajuan negeri tercinta ini," ucap SBY sambil menyapa, dengan menelangkupkan kedua telapak tangan di depan dada diiringi kepala sedikit menunduk wujud penghormatan.

Sebelumnya, pantauan ketik.co.id, SBY tiba di Pendopo sekitar pukul 09.58 WIB bersama kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY).

Kehadiran tokoh nasional kelahiran asli Pacitan ini pun tak pelak mendapat apresiasi masyarakat Pacitan. SBY ini untuk kesekian kalinya ia mengikuti peringatan detik-detik proklamasi di Pacitan.

Foto Kedatanganan Susilo Bambang Yudhoyono di tempat upacara. (Foto: Prokopim)Kedatanganan Susilo Bambang Yudhoyono di tempat upacara. (Foto: Prokopim)

Di samping itu, Wakil Bupati (Wabup) Pacitan Gagarin Sumrambah mengekspresikan kebahagiaan masyarakat Pacitan atas kehadiran SBY pada perhelatan upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Pacitan.

"Bagi kami Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan, bagi seluruh warga dan masyarakat Kabupaten Pacitan, sangat membanggakan sekali. Mudah-mudahan (kehadiran beliau) membawa keberkahan bagi masyarakat dan Bumi Pacitan," katanya.

Sebagai diketahui, hadirnya SBY ke Pacitan pada kesempatan tersebut, yakni merupakan rangkaian persiapan peresmian Museum dan Galeri SBY-ANI. Berdasarkan jadwal yang beredar, peresmian bakal dilangsungkan pada Kamis (17/8/2023) malam, sekitar pukul 19.00 WIB. (*)

Tombol Google News

Tags:

sby pacitan UPACARA HUT RI HUT RI 78