Jaga Kondusifitas Pascapemilu, Hari Jadi ke-279 Pacitan Digelar Sederhana

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Mustopa

15 Januari 2024 11:36 15 Jan 2024 11:36

Thumbnail Jaga Kondusifitas Pascapemilu, Hari Jadi ke-279 Pacitan Digelar Sederhana Watermark Ketik
Turmudzi saat diwawancarai. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan berencana menggelar peringatan Hari Jadi ke-279 Pacitan pada 19 Februari 2024 secara sederhana.

Hal ini dilakukan karena Pemkab Pacitan tidak ingin mengganggu tahapan rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang berlangsung selepas 14 Februari 2024.

Kepala Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan Turmudi, mengatakan peringatan hari jadi yang biasanya digelar secara bebas, kali ini rencana sementara hanya akan diisi dengan upacara peringatan.

"Jadi, yang pokok adalah prosesi. Insyaallah nanti tidak beda dengan prosesi hari jadi seperti biasanya tahun-tahun kemarin. Dengan susunan acara memang sudah seperti tahun kemarin," kata Turmudzi kepada media online nasional Ketik.co.id, Senin (15/1/2024).

Turmudzi menambahkan, keputusan untuk menggelar peringatan hari jadi secara sederhana juga didasari oleh kondisi pascapemilu yang tentunya belum mereda. Termasuk, pemerintah juga ingin tetap menjaga kondusifitas dan ketertiban masyarakat.

"Peringatan hari jadi digelar tidak secara besar-besaran. Walau sesederhana apapun, tetap kita akan peringati hari jadi ini," ujarnya.

Dia berharap, masyarakat Pacitan dapat memahami dan mendukung keputusan pemerintah untuk gelaran peringatan hari jadi tersebut. 

Namun, tetap akan menghasilkan sesuatu yang positif. Misalnya peningkatan penjualan UMKM, dan esensial dari sebuah peringatan.

"Walaupun peringatan hanya satu hari. Harapan semoga masyarakat karena ini merupakan salah satu hiburan yang bisa menghiburlah dan tidak mengganggu kondusivitas," pungkas Kadisbudparpora Pacitan Turmudzi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Peringatan Hari Jadi Pacitan DISBUDPARPORA