Jaga Produksi Beras, Pemprov Jatim Gunakan Padi Inpari 32 HDB

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

9 Maret 2023 04:20 9 Mar 2023 04:20

Thumbnail Jaga Produksi Beras, Pemprov Jatim Gunakan Padi Inpari 32 HDB Watermark Ketik
Gubernur Jatim Khofifah saat melakukan panen raya di Kabupaten Tuban. (Foto: Humas Pemprov Jatim)

KETIK, TUBAN – Sebagai provinsi dengan produksi beras terbesar di Indonesia, Jawa Timur terus berupaya menjaga produksi beras agar dapat memenuhi kebutuhan beras nasional.

Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah penanaman padi varietas unggul seperti Inpari (Inbrida Padi Sawah Irigasi) 32 HDB.

Menurut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang ditemui saat melakukan panen raya di Kabupaten Tuban, Rabu (8/3/2023), Padi jenis ini memiliki sejumlah keunggulan. Pertama yaitu hasil panen lebih tinggi bila dibanding varietas lain dengan hasil rata-rata yang dicapai sebesar 7,6 ton/ha Gabah Kering Giling (GKG) dengan potensi hasil 8,43 ton/ha GKG.

Serta yang kedua, varietas inpari 32 HDB ini juga tahan terhadap penyakit Hawar Daun Bakteri (HDB) atau penyakit kresek pada padi. Ini jugalah yang membuat padi ini dinamai Varietas Inpari 32 HDB.

'Kita baru saja panen raya padi varietas inpari 32 HDB. Jumlahnya cukup besar yaitu 7,6 ton dari 140 hektar lahan tanam,” kata Gubernur Khofifah. 

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2020 produksi padi dan beras Jawa Timur tertinggi secara nasional hingga tahun 2022.

Di tahun 2023 ini, berdasarkan prediksi data BPS pada bulan Maret-April, Jatim akan surplus Beras sebesar 1,13 juta ton. 

Produktivitas beras Jatim sangat diandalkan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan warga Jatim saja, tapi juga beras Jatim diandalkan untuk memenuhi kebutuhan 16 provinsi lain di Indonesia Bagian Timur.

Selain penanaman padi varietas unggul Khofifah juga menekankan penggunaan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) modern. Salah satu yang harus mulai diupayakan adalah pemanfaatan mesin Combine Harvester. 

"Kalau Mesin Combine Harvester dioptimalkan bisa mengurangi kehilangan (losses) 10 - 11 persen jika menggunakan panen manual. Maka, jika dihitung total produksi gabah kita se Jatim tahun lalu ada 9,8 juta ton. Jika 10 persen nya bisa diselamatkan maka ketemu angka 0,98 juta ton. Di sini lah penggunaan Mesin Combine Harvester menjadi penting," urainya. 

Tak hanya memanen, pada kesempatan itu Gubernur Khofifah bersama Bupati Tuban Aditya Halindra menjajal langsung pengoperasian mesin panen Combine Harvester. Alat Combine harvester ini merupakan alat panen dengan banyak fungsi. Diantaranya, sebagai alat panen, alat perontok padi dan juga sebagai alat pembajak sawah. 

Sementara itu, Bupati Tuban Aditya Halindra menyatakan, bahwa Bedasarkan data Dinas Pertanian Potensi area persawahan di Kab. Tuban mencapai 24.127 Ha. Sementara Panen Raya Padi yang dilakukan di Kecamatan Widang memiliki luas area sebesar 2.226 Ha sementara di Desa Ngadirejo seluas 245 hektar. 

"Rata rata sekali panen 1 hektar bisa menghasilkan 7.6 ton, bahkan area yang dipanen hari ini bisa mencapai 9 ton/hektar," ungkapnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Panen raya Beras Padi Inpari 32 HDB pangan Kabupaten Tuban Jawa timur Khofifah