Jangan Penuhi Kepalamu dengan Kekhawatiran, Berikut Cara untuk Tidak Overthinking

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: M. Rifat

22 Oktober 2023 02:13 22 Okt 2023 02:13

Thumbnail Jangan Penuhi Kepalamu dengan Kekhawatiran, Berikut Cara untuk Tidak Overthinking Watermark Ketik
Ilustrasi seseorang yang sedang overthinking. (Foto: Freepik)

KETIK, MALANG – Overthinking atau terlalu banyak berfikir, terkadang dapat membuat diri merasa khawatir. Tak jarang tenggelamnya seseorang dalam pikiran yang negatif berisiko menimbulkan stres dan tentu saja tidak baik bagi kesehatan.

Segala persoalan seperti karir, pendidikan, asmara, hingga keuangan boleh saja menyerangmu secara bertubi-tubi. Namun sebagai manusia yang memiliki keterbatasan, kalian dapat mengistirahatkan dan mengosongkan kepala sejenak.

Kebiasaan overthinking bukan hanya memberikan dampak negatif bagi diri sendiri, namun juga dapat berimbas pada orang di sekitar.

Berhentilah merasa khawatir, berikut adalah tips supaya kamu tidak lagi overthinking!

1. Batasi Pikiranmu, Jangan Terlalu Banyak Berpikir

"Aku berfikir maka aku ada,"

Ungkapan tersebut keluar dari seorang filsuf ternama Prancis, Rene Descartes untuk menggambarkan bahwa salah satu bentuk eksistensi manusia adalah dengan berpikir. Memang tidak ada yang salah dari berpikir, namun harus berhati-hati apabila mulai kalut dan pikiran hingga diri kalian tak dapat terkendali. Sadarilah apabila kalian sudah mulai tenggelam dalam pikiran negatif sebelum pikiran negatif lainnya bermunculan.

2. Mencari Jalan Keluar dengan Journaling

Overthinking akan selalu hadir jika tidak mengetahui jalan keluar dari permasalahan yang memicu rasa khawatir tersebut. Dari pada menimbun pikiran negatif tersebut, uraikanlah permasalahan untuk mendapatkan jalan keluar. Kalian bisa melakukan journaling atau menuliskan hal-hal apa saja yang membuatmu merasa khawatir setiap harinya. Dengan menuliskan perasaan kalian, setidaknya kemelut yang ada di pikiranmu dapat tercurahkan.

3. Melakukan Afirmasi Positif

Pagi hari sebelum melakukan aktivitas seperti biasa, kalian dapat menuliskan segala afirmasi positif yang ditujukan kepada diri sendiri. Kalian dapat mengandalkan dan memberikan semangat kepada diri sendiri. Yakinkan bahwa semua akan baik-baik saja dan tidak akan seburuk yang kamu pikirkan.

4. Jangan Khawatir, Fokuslah Pada Hari Ini

Memang tidak ada yang salah apabila kalian ingin mempersiapkan dengan matang mengenai hari esok. Namun hal tersebut membuatmu semakin overthinking, maka berhentilah sejenak. Terkadang kalian hanya perlu fokus dengan apa yang terjadi saat ini. Ingatlah bahwa kalian sudah tidak hidup di masa lalu, dan belum hidup di hari esok. Tak perlu khawatir pada kedua hal tersebut, fokus saja pada hari ini.

5. Mintalah Bantuan pada Orang Lain

Satu hal yang harus dipercayai adalah kalian tidak hidup sendirian. Berceritalah kepada orang yang dipercayai mengenai apa yang kalian khawatirkan. Cobalah terbuka dengan mereka dan dengan perasaanmu. Akan lebih baik jika menemui seorang profesional seperti Psikolog untuk meminta bantuan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Overthinking mengatasi overthinking psikolog Stres kesehatan mental