Jelang Pelaksanaan Pemilu 2024 KPU Bangkalan Gelar Simulasi Pencoblosan

Jurnalis: Ismail Hasyim
Editor: M. Rifat

27 Januari 2024 21:02 27 Jan 2024 21:02

Thumbnail Jelang Pelaksanaan Pemilu 2024 KPU Bangkalan Gelar Simulasi Pencoblosan Watermark Ketik
Warga difabel melakukan simulasi memberikan hak suaranya.( 27/01/2024) (Foto: Ismail Hs/Ketik.co.id)

KETIK, BANGKALAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangkalan menggelar simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman kantor KPU Bangkalan Jl. RE Martadinata, Sabtu (27/01/2024).

Komisioner KPU Bangkalan Zairil Munir mengatakan, pihaknya melakukan simulasi pemungutan dan perhitungan suara untuk memberi contoh riil pada masyarakat dan pemahaman pada panitia tentang prosedur serta tata cara yang baik dan benar dalam pencoblosan dan perhitungan suara saat Pemilu 14 Februari 2024 nanti.

“Di simulasi ini kita ingin mencari gambaran seperti apa kondisi pemungutan dan penghitungan suara pada tanggal 14 februari 2024, membutuhkan berapa lama untuk meneyelesaikan pencoblosan, oleh sebab itu KPU menghadirkan perwakilan masyarakat, Penyelenggara, Panitia Pemungutan Suara (PPS), serta Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) seluruh Kabupaten Bangkalan,” jelas Munir.

Foto Sambutan Ketua KPPS  sebelum dimulai. 27/01/2024. (Foto. Ismail Hs. Ketik.co.id)Sambutan Ketua KPPS sebelum dimulai. (27/01/2024). (Foto. Ismail Hs/Ketik.co.id)

Menurut Munir simulasi ini sebagai bentuk pembelajaran yang memiliki nilai manfaat baik untuk para calon pemilih maupun bagi panitia penyelenggara pemilihan umum disemua tingkatan. 

Sebelum pemungutan suara dimulai, Rapat dibuka dengan pengambilan sumpah petugas KPPS yang disaksikan saksi dan pemilih yang telah hadir.

Foto Acara simulasi pencoblosan. 27/01/2024 (Foto. Ismail Hs. Ketik.co.id)Acara simulasi pencoblosan. (27/01/2024) (Foto: Ismail Hs/Ketik.co.id)

Petugas kemudian mengeluarkan sejumlah surat suara dari setiap kotak suara, lalu dihitung. Kemudian, Petugas KPPS menjelaskan teknis pemungutan suara, jenis surat suara, hingga hal-hal yang dilarang dilakukan saat pemungutan suara. Simulasi kemudian berlanjut ke pencoblosan, di mana petugas KPPS memanggil satu per satu nama pemilih. 

Selesai mencoblos, pemilih diarahkan menuju kotak suara dan mencelupkan jarinya ke tinta berwarna ungu. Sementara untuk warga difabel, ada fasilitasi kursi roda dengan pendampingan dan juga diperkenankan untuk terlebih dahulu mencoblos. (*)

Tags:

KPU Bangkalan Simulasi coblosan pemilu2024 Pileg2024