Jenderal Agus Subiyanto Resmi Dilantik Jadi Panglima TNI

Jurnalis: Mustopa
Editor: Muhammad Faizin

22 November 2023 04:28 22 Nov 2023 04:28

Thumbnail Jenderal Agus Subiyanto Resmi Dilantik Jadi Panglima TNI Watermark Ketik
Pelantikan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI oleh Presiden Jokowi (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

KETIK, JAKARTA – Pucuk pimpinan Tentara Nasional Indonesia (TNI) resmi berganti. Presiden Joko Widodo melantik Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI di Istana Negara, Rabu (22/11/2023).

Jenderal TNI Agus Subiyanto menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada 26 November mendatang. 

Proses pengangkatan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI berlangsung lancar. Proses fit and proper test hingga pengesahan dalam rapat Paripurna DPR RI tidak menemui kendala.

Jenderal Agus Subiyanto merupakan satu-satunya calon yang diajukan Presiden Jokowi setelah sebelumnya dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat.

Pengangkatan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 102/TNI tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia.

Pengambilan sumpah terhadap Jenderal Agus Subiyanto dilakukan menurut agama Islam setelah sebelumnya Presiden Jokowi menanyakan kesediaannya.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Jokowi diikuti Jenderal Agus Subiyanto.

Setelah pengambilan sumpah, acara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara kemudian ditutup dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Agus Subiyanto Panglima TNI Presiden Jokowi KSAD Jenderal Agus Subiyanto