Jonahar Ajak Masyarakat Manfaatkan Loket Prioritas di Kantor BPN se-Jatim

Jurnalis: Samsul HM
Editor: Naufal Ardiansyah

28 Maret 2023 23:47 28 Mar 2023 23:47

Thumbnail Jonahar Ajak Masyarakat Manfaatkan Loket Prioritas di Kantor BPN se-Jatim Watermark Ketik
Kepala Kanwil BPN Jatim Jonahar. (Foto: Instagram BPN Kanwil Jatim)

KETIK, SURABAYA – Kepala Kanwil BPN Jatim (Badan Pertanahan Nasional Jawa Timur) Jonahar mengajar masyarakat untuk memanfaatkan Loket Layanan Prioritas yang tersedia di seluruh kantor pertanahan se-Jatim.

"Bisa digunakan seluruh masyarakat. Silakan dimanfaatkan sebaik mungkin," kata Jonahar, Selasa (28/3/2023).

Ia menjelaskan bahwa Loket Layanan Prioritas merupakan terobosan yang tengah digencarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan, Johanar menyebutkan pemohon bisa mengetahui proses pengurusan pertanahan, mulai dari jangka waktu dan besarnya biaya yang harus dikeluarkan.

"Hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, para pemohon silakan datang langsung tanpa kuasa, seperti arahan Pak Menteri dengan mendatangi loket prioritas yang buka setiap hari kerja dan loket pelataran yang kita buka setiap Sabtu dan Minggu," ucap Jonahar dikutip dari detikJatim.

Mantan Kakanwil BPN Jateng itu meminta masyarakat menyiapkan dan melengkapi seluruh berkas dan persyaratan lainnya. Seperti KTP, KK dan surat-surat tanah.

"Dengan demikian, akan lancar semua. Nanti, prosedur akan kita tempel semua di dinding dengan terbuka biaya-biayanya," pungkasnya.

Program Loket Layanan Prioritas diluncurkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) untuk membantu para pemohon untuk mengurus urusan administrasi pertanahan secara langsung tanpa diwakili pihak ketiga.

Kementerian ATR/BPN juga menggandeng Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dan Telkom untuk menindaklanjuti pengaduan masyarakat.

Dengan demikian, BPN diharapkan menjadi kementerian yang lebih terbuka dan responsif terhadap keluhan dan kritikan dari masyarakat. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kakanwil BPN Jatim Jonahar Loket Prioritas BPN BPN Jatim