Kabupaten Tambrauw Duduki Peringkat Teratas Meraih Predikat Universal Health Coverage.

Jurnalis: Muhamad Zaid Kilwo
Editor: Mustopa

9 Agustus 2024 08:10 9 Agt 2024 08:10

Thumbnail Kabupaten Tambrauw Duduki Peringkat Teratas Meraih Predikat Universal Health Coverage. Watermark Ketik
Penjabat Bupati Tambrauw Engelbertus Gabriel Kocu saat menerima penghargaan dari Universal Health Coverage yang diberikan secara langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin. ( Foto: BPJS Kesehatan for Ketik.co.id)

KETIK, SORONG – Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin, memberikan penghargaan kepada kepala daerah dari 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota di Indonesia yang telah berhasil meraih predikat Universal Health Coverage (UHC).

Dalam kesempatan ini, Kabupaten Tambrauw berhasil menduduki peringkat teratas kategori utama Universal Health Coverage dengan presentasi 99 persen di antara 452 kabupaten/kota lainnya yang ada di Indonesia.

Atas prestasi tersebut, Penjabat Bupati Tambrauw Engelbertus Gabriel Kocu diundang langsung untuk menerima penghargaan Universal Health Coverage di Krakatau Grand Ballroom Taman Mini Indonesia Indah.

Penyerahan penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kali ini juga sekaligus memperingati satu dekade program JKN-KIS untuk negeri sebagai wujud nyata komitmen dan keseriusan pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. 

Award tersebut diberikan kepada kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota yang telah mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari keseluruhan jumlah penduduk daerah setempat.

UHC juga mengukur jumlah data Integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan Pemerintah Daerah ke dalam Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah.

Foto Pejabat Bupati Kabupaten Tambrauw Engelbertus Gabriel Kocu saat menghadiri Universal Health Coverage di Jakarta. (Foto: dok BPJS kesehatan for Ketik.co.id)Pejabat Bupati Kabupaten Tambrauw Engelbertus Gabriel Kocu saat menghadiri Universal Health Coverage di Jakarta. (Foto: dok BPJS kesehatan for Ketik.co.id)

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, menyampaikan bahwa UHC merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, bermutu, dan tanpa hambatan finansial. 

Penerima penghargaan menunjukkan dedikasi dan komitmen tinggi dalam mewujudkan UHC dengan cakupan perlindungan kepersetaan program JKN minimal 95 persen dari total penduduk. Sebanyak 33 Provinsi dan 452 kabupaten/kota telah menunjukkan itu. 

"Saya berpesan, perluas jangkauan kepersetaan sampai 100 persen, gunakan pendekatan yang lebih efektif dan solutif bagi masyarakat yang belum melaksanakan kewajiban iurannya, pastikan adanya monitoring dan evaluasi secara berkelanjutan terhadap kualitas pelayanan," ujar Ma'ruf Amin

Senada dengan Wapres, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa capaian 98 persen UHC sebagai sebuah prestasi yang luar biasa bagi Indonesia. Tetapi tidak ada artinya jika tidak menunjukkan bahwa seluruh rakyat Indonesia telah mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semua, termasuk tanggung jawab saya sesuai dengan Inpres, dan kita harus berusaha keras bagaimana supaya cita-cita kita untuk menciptakan, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya di sektor pelayanan kesehatan ini bisa tercapai," ujar Muhadjir Effendi.

Sebelumnya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti melaporkan bahwa kepesertaan JKN meningkat dari tahun ke tahun dengan cakupan mencapai di atas 98 persen dari total penduduk masyarakat Indonesia.(*)

Tombol Google News

Tags:

UHC Kabupaten Tambrauw Wapres Ma'ruf Amin