Kakek Pencari Tanaman Hias Ditemukan dengan Kondisi Lemas

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

14 Maret 2023 11:33 14 Mar 2023 11:33

Thumbnail Kakek Pencari Tanaman Hias Ditemukan dengan Kondisi Lemas Watermark Ketik
Petugas SAR gabungan menemukan Kakek Misnadin dalam kondisi lemas usai hilang sejak Sabtu (11/3/2023). (Foto: Basarnas)

KETIK, SITUBONDO – Tim SAR gabungan berhasil menemukan kakek Misnadin (73) yang hilang sejak Sabtu (11/3/2023) di hutan taman nasional baluran Situbondo. Saat ditemukan Kakek Misnadin tergulai lemas karena sejak hilang kakek yang kesehariannya mencari tanaman hias Pucuk di Hutan Baluran hanya meminum air dalam kubangan di kawasan tersebut.

Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setia Budi mengatakan, kakek Misnadin tampak lemas saat ditemukan tim SAR gabungan di lokasi yang berjarak 800 meter dari lokasi penemuan sepeda miliknya.

Setelah diperiksa kondisi fisiknya di lokasi penemuan, lanjut Wahyu, selanjutnya kakek Misnadin dievakuasi menuju ke Puskesmas Wongsorejo agar Ia mendapatkan pemeriksaan medis lebih lanjut. "Saat ditemukan kondisi kakek sudah sangat lemas jadi kami memberikan pertolongan pertama sebelum akhirnya kami membawa korban ke puskesmas," terang Wahyu, Selasa (14/3/2023).

Seperti diberitakan sebelumnya, dalam upaya pencarian kakek Misnadin ini, tim SAR gabungan telah mengerahkan dua SRU untuk menyisir dua area berbeda di hutan kawasan Taman Nasional Baluran.

Wahyu menambahkan, total luas dua area yang disisir tim SAR gabungan ini sekitar 8,38 km. Masing-masing SRU terdiri dari sekitar 15 orang, dengan jarak penyisiran antar personel sekitar 2 – 3 meter.

Sejumlah peralatan SAR digunakan untuk mendukung upaya pencarian penyintas, di antaranya peralatan navigasi darat (seperti kompas, peta wilayah), peralatan evakuasi, peralatan komunikasi, peralatan medis dan sejumlah peralatan pendukung lainnya.

Langkah lain yang dilakukan tim SAR gabungan untuk mengoptimalkan upaya pencarian penyintas ini, yaitu dengan menyebarkan informasi belum kembalinya penyintas kepada warga yang beraktivitas di kawasan Taman Nasional Baluran.

Melalui penyebarluasan informasi tersebut, jika ada warga sekitar Taman NasionalBaluran yang mengetahui keberadaan penyintas, maka diharapkan untuk segera melaporkannya kepada tim SAR gabungan agar segera direspon.

Keberhasilan upaya pencarian hingga evakuasi penyintas ini berkat kerjasama yang baik dari sejumlah pihak, diantaranya tim operasi Pos SAR Banyuwangi, Petugas Taman Nasional Baluran, Polsek Wongsorejo, Koramil Wongsorejo, BPBD Banyuwangi, BPBD Situbondo, 851 Rescue, RAPI, Damkar Banyuwangi, warga sekitar dan potensi SAR lainnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Basarnas Kakek Misnadin Hilang Hutal Baluran situbondo