Kamu Suka Iri dengan Kehidupan Orang Lain di Medsos? Ikuti Cara ini untuk Mengatasinya

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

21 April 2024 17:00 21 Apr 2024 17:00

Thumbnail Kamu Suka Iri dengan Kehidupan Orang Lain di Medsos? Ikuti Cara ini untuk Mengatasinya Watermark Ketik
Ilustrasi sosial media. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Bermain sosial media di waktu luang tentu menyenangkan. Melalui sosial media kita bisa menjalin hubungan baru dan belajar lebih banyak hal. Juga berbagi berbagai macam kegiatan termasuk pencapaian.

Akan tetapi melakukannya berlebihan bukanlah hal yang bijak. Terlalu sering bermain sosial media akan membuat kita secara tak sadar membandingkan diri dengan kehidupan orang lain.

Hal ini akan membuat anda menjadi orang yang rendah diri dan gagal dalam meraih sesuatu dalam hidup.

Padahal, di media sosial orang cenderung hanya mengunggah kesuksesan mereka daripada kegagalan. Lalu, semua orang berusaha keras di tempat kerja dan dalam hubungan mereka.

Sangat mudah dan wajar untuk terjebak dalam perangkap perbandingan diri yang membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri. Oleh sebab itu anda harus memutus perasaan tersebut dengan memperhatikan beberapa hal ini.

1. Unggahan di sosial media tidak selalu akurat

Satu hal yang harus anda ketahui jika apa yang diunggah di sosial media tidak selalu akurat dengan realita di dunia nyata. Meskipun Anda mungkin tahu, secara intelektual bahwa media sosial bukanlah kehidupan nyata, otak, sekali lagi, terprogram untuk terlibat dalam perbandingan sosial, jadi mungkin perlu diingatkan.

Saat anda merasa tidak mampu atau iri, ingatlah bahwa mereka hanya menampilkan sebagian kecil dari kehidupan mereka.

2. Ketahui batasan membuka sosial media

Bermain sosial media memang menyenangkan bahkan tak jarang membuat kita lupa waktu. Oleh sebab itu ada baiknya anda membatasi waktu untuk scrolling sosial media untuk menghindari sikap membandingkan diri.

Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan orang di media sosial, semakin sering mereka membandingkan diri sendiri dan semakin rendah harga diri mereka.

3. Bijaklah dengan orang yang anda ikuti

Hal selanjutnya yang cukup berpengaruh adalah, anda harus memilih orang yang anda ikuti di sosial media dengan bijak. Sebelum mengetuk tombol follow ada baiknya anda melakukan riset kecil mengenai postingan orang tersebut.

Apakah konten yang diposting bisa meningkatkan rasa rendah diri anda atau tidak. Anda harus fokus dengan orang yang bisa memberikan dampak positif dalam hidup anda.

4. Fokus pada kehidupan nyata

Daripada fokus pada kehidupan dunia maya yang penuh dengan hal-hal yang belum tentu kebenarannya, ada baiknya anda fokus pada kehidupan sosial di dunia nyata.

Banyak hal yang bisa dilakukan seperti menambah skill, menekuni hobi, atau menjalin pertemanan dengan orang orang yang peduli dengan anda.(*)

Tombol Google News

Tags:

kepribadian pengembangan diri Sosial Media Realita kehidupan nyata