Keju Produksi Peternak Sapi Tlekung Kota Batu Tembus Pasar Jawa-Bali

Jurnalis: Sholeh
Editor: M. Rifat

13 April 2024 02:15 13 Apr 2024 02:15

Thumbnail Keju Produksi Peternak Sapi Tlekung Kota Batu Tembus Pasar Jawa-Bali Watermark Ketik
Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai berkunjung ke peternakan sapi milik Nawi Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo Kota Batu (3/4/2024). (Foto: Prokopim Kota Batu)

KETIK, BATU – Nawi, peternak sapi perah di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo Kota Batu Berhasil mengolah susu sapi menjadi produk keju dan butter.

Tak tanggung-tanggung, produksinya tersebut saat ini telah dikirim untuk memenuhi permintaan pasar Jawa-Bali. 

Hal ini membuktikan bahwa sektor peternakan Kota Batu tidak kalah moncer dari pertanian dan pariwisata.

Keju dan Butter produksi Nawi merupakan produk premium. Sehingga tanpa promo khusus, sudah berhasil menjadi langganan pasar hotel bintang 5 dan restoran di wilayah Jawa-Bali.

Kesuksesan tersebut menarik Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai untuk berkunjung ke peternakan sapi milik Nawi. Dikatakan Aries, Nawi memiliki 120 ekor sapi perah. Dengan produksi susu sapi sebanyak 600 liter per hari.

"Dari hasil susu sapi yang melimpah itu, beberapa di antaranya diolah jadi keju dan butter," katanya.

Menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan buah dari semangat UMKM peternak, yang terus mengembangkan usahanya. Sehingga punya kualitas prima dan bernilai tambah yang tinggi, bukan hanya susu tetapi olahan keju dan butter.

"Bisa dilihat, pengelolaannya sang bagus. Dari susu sapi diolah menjadi keju dan butter yang berkualitas prima. Bahkan tanpa promosi khusus sudah berhasil menembus pasar hotel bintang 5 dan restoran di Jawa-Bali," urainya.

Aries mengapresiasi kandang sapi milik Nawi yang bersih dan tidak berbau. Selain itu, tempat pengelolaan keju serta butter sangat bersih.

"Mungkin belum banyak yang tahu, jika di tempat ini diproduksi keju dan butter berkualitas. Bahkan tempatnya juga sangat bersih," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kota Batu peternak sapi perah Susu keju Desa Tlekung