Kelas SDN Waru Beron Sidoarjo Ambruk, Disdikbud Sidoarjo Pastikan Perbaiki 2024 Ini

Editor: Fathur Roziq

5 Juni 2024 10:44 5 Jun 2024 10:44

Thumbnail Kelas SDN Waru Beron Sidoarjo Ambruk, Disdikbud Sidoarjo Pastikan Perbaiki 2024 Ini Watermark Ketik
Bagian teras ruang kelas SDN Waru Beron, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, yang rusak parah dan dipasangi plang bambu. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Kayu-kayu bekas plafon saling bertumpukan. Genting juga berserakan. Sejak ambruk sekitar setahun lalu, dua ruang kelas SDN Waru Beron, Kecamatan Balongbendo, diplang. Tanda bahaya. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sidoarjo siap memperbaikinya pada 2024 ini. Anggarannya Rp 525 juta.

Dua ruang kelas itu sebelumnya ditempati oleh murid-murid kelas I dan II SDN Waru Beron. Sekarang mereka pindah. Siswa-siswi kelas I  dan II pindah ke kelas IV dan V. Adapun murid kelas IV dan V SDN Waru Beron pindah belajar ke tempat sementara. Perpustakaan dan musala.

’’Gedung itu sudah 2 tahun lalu memang dikosongkan. Karena bangunannya sudah tidak memungkinkan untuk digunakan,” jelas Kepala SDN Waru Beron Siti Masitoh SPd saat Ketik.co.id berkunjung ke sekolah tersebut pada Rabu, (5/6/2024).

Guru-guru SDN Waru Beron lebih berhati-hati. Keselamatan anak-anak menjadi prioritas. Agar tidak ada murid yang mendekat, apalagi bermain, di dekat bangunan itu, plang bambu dipasang di teras. Sebab, atap teras pun sudah rusak. Kayu-kayunya telah lapuk. Puing-puing bangunan juga memenuhi lantai kelas SDN Waru Beron yang rusak tersebut.

Masitoh mengatakan, kerusakan ruang kelas tersebut sudah dilaporkan ke Disdikbud Sidoarjo. Sudah ada kepastian bahwa bangunan itu akan diperbaki pada tahun ini, 2024. Guru SDN Bakung Temenggungan itu menyatakan Disdikbud Sidoarjo sudah melakukan survei ke lokasi.

”Insya Allah tahun ini sudah dilakukan rehab,” ucap Masitoh, yang baru promosi menjadi kepala SDN Waru Beron saat mutasi pada 2 bulan lalu.

Foto Puing-puing bangunan masih berserakan di dalam kelas SDN Waru Beron, Balongbendo, Sidoarjo. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Puing-puing bangunan masih berserakan di dalam kelas SDN Waru Beron, Balongbendo, Sidoarjo. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Ditemui secara terpisah, Kepala Seksi Sarana Prasarana Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Bayu Seto menjelaskan, laporan kerusakan SDN Waru Beron masuk ke dinasnya pada 2023. Anggaran perbaikan dimasukkan dalam APBD 2024.

’’Sekarang perbaikan SDN Waru Beron sudah masuk tahap lelang,” kata Bayu saat ditemui wartawan di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo pada Rabu (5/6/2024).

Bayu memastikan pekerjaan rehab dua ruang kelas SDN Waru Beron bisa jalan mulai beberapa minggu ke depan. Dia berharap proses lelang ini berjalan lancar.

Dalam informasi LPSE (Lelang Pengadaan secara Elektronik)  disebutkan, kegiatan rehab berat SDN Waru Beron dilelang dengan pagu anggaran Rp 525 juta. Pemenang lelang sudah ada. Tinggal menunggu tanda tangan kontrak kerja. (*)

Tags:

sidoarjo Disdikbud Sidoarjo SDN Waru Beron Kecamatan Balongbendo Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo