Ketua PP Lumajang: Fasilitas Wisata Harus Terawat, Jangan Alasan Tak Ada Anggaran!

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: M. Rifat

6 Juni 2024 09:35 6 Jun 2024 09:35

Thumbnail Ketua PP Lumajang: Fasilitas Wisata Harus Terawat, Jangan Alasan Tak Ada Anggaran! Watermark Ketik
Agus Setiawan, Ketua Pemuda Pancasila Lumajang (Foto: Abdul Fatah/Ketik.co.id)

KETIK, LUMAJANG – Lemahnya perawatan fasilitas wisata di Lumajang yang sempat viral belakangan ini mendapatkan respon dari Ketua Pemuda Pancasila Lumajang, Agus Setiawan.

Menurut Agus Setiawan, setiap fasilitas wisata dimaksudkan untuk menambah kehadiran wisatawan dengan tujuan meningkatkan wisatawan.

"Yang pertama menghadirkan fasilitas wisata itu harus dilihat dulu minat wisatawan, sehingga tidak terjadi adanya sarana yang kemudian tidak terpakai. Ini penting untuk wisata yang dikelola Pemkab, karena pembangunannya menggunakan dana APBD," kata Agus Setiawan.

Selanjutnya, masih kata Agus Setiawan, pemeliharaannya seharusnya tidak dengan pendekatan anggaran, namun lebih kepada kebutuhan. 

"Jangan sampai terjadi lagi sarana wisata rusak karena tidak ada anggaran. Karena jika ini terjadi pada wahana yang di dalamnya menyangkut keselamatan wisatawan, maka sesungguhnya tidak ada pilihan selain diperbaiki," ucapnya.

Agus Setiawan menambahkan, karena jika tidak ada perbaikan, sesungguhnya sarana itu kemudian tidak akan memberikan manfaat.

"Intinya begini, apapun yang dibangun dengan dana APBD harus dirawat dengan baik, kalau perlu ditugaskan satu atau dua orang untuk maintenance sarana itu. Jangan lagi-lagi ada yang mangkrak karena kurang perawatan. Klasik kalau alasannya anggaran, ini wisata untuk kebutuhan publik juga," urai Agus Setiawan kemudian. (*)

Tombol Google News

Tags:

Agus Setiawan Wisata Lumajang berita lumajang hari ini