Khofifah Tingkatkan Perekonomian melalui Misi Dagang Antar Wilayah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

9 Mei 2023 05:56 9 Mei 2023 05:56

Thumbnail Khofifah Tingkatkan Perekonomian melalui Misi Dagang Antar Wilayah Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat melihat berbagai produk UMKM, Senin(8/5/2023). (Foto: Naufal/Ketik.co.id)

KETIK, BANDAR LAMPUNG – Untuk meningkatkan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur, Gubernur Khofifah seringkali mengadakan misi dagang ke berbagai provinsi di Indonesia. Salah satunya Provinsi Lampung yang baru saja digelar, Senin (8/5/2023).

Menurut Khofifah perdagangan antar wilayah memberikan kontribusi yang cukup siginifikan bagi neraca perdagangan barang dan jasa Jawa Timur. Berdasarkan data BPS, surplus perdagangan barang dan jasa Jawa Timur lebih banyak disumbangkan oleh perdagangan antar daerah. 

Pada Triwulan IV 2022, ketika net ekspor perdagangan luar negeri defisit Rp 133,3 triliun, justru net ekspor perdagangan antar daerah menunjukkan surplus Rp 323,47 triliun, sehingga secara total neraca perdagangan barang dan jasa Jawa Timur mengalami surplus Rp 190,17 triliun. 

"Hal ini tidak terlepas dari peran serta dan kerja sama yang baik dari provinsi-provinsi mitra, dalam mendukung perdagangan antar wilayah dengan Jawa Timur," ungkapnya. 

Selama ini, terang Khofifah, Lampung menyuplai beberapa komoditas utama antara lain tepung tapioca, ikan hidup, padi, kantong dan karung dari plastik, minyak bahan bakar, truk pengangkut barang dan kain tenun dari sutera ke Jawa Timur. 

Sebaliknya Jawa Timur banyak menyuplai komoditas cerutu dan sigaret dari tembakau atau pengganti tembakau, struktur dari besi, baja dan alumunium, barang logam, barang dari semen asves, cabe dan paprika, pupuk, bahan kimia, aneka teh, monitor dan proyektor, mobil dan kendaraan bermotor ke Lampung.

"Selain itu, mewujudkan kedaulatan pasar dalam negeri dengan melestarikan, mencintai, bangga dan mau membeli serta memakai produk buatan negeri sendiri sehingga dapat memicu peningkatan transaksi perdagangan dalam negeri," pungkasnya.(*)

Tags:

misi dagang PDRB Ekonomi Lampung Jawa timur Khofifah