Khusus Wanita, Simak Cara Ajukan Pinjaman di PNM Mekaar 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Rudi

1 Februari 2023 09:59 1 Feb 2023 09:59

Thumbnail Khusus Wanita, Simak Cara Ajukan Pinjaman di PNM Mekaar  Watermark Ketik
Kantor Permodalan Nasional Madani (PNM) Jakarta. (Foto: Shinta/Ketik.co.id) 

KETIK, SURABAYA – Permodalan Nasional Madani PNM meluncurkan layanan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar). 

PNM Mekaar dikuatkan dengan aktivitas pendampingan usaha dan dilakukan secara berkelompok. 

Pada dasarnya, nasabah PNM Mekaar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha, namun terbatasnya akses pembiayaan modal kerja menyebabkan keterampilan berusaha mereka kurang maju.. Beberapa alasan keterbatasan akses tersebut meliputi kendala formalitas, skala usaha, dan ketiadaan agunan. 

Manfaat yang disalurkan oleh PNM melalui layanan PNM Mekaar, meliputi: 

- Peningkatan pengelolaan keuangan 

- Pembiayaan modal tanpa agunan 

- Penanaman budaya menabung; dan 

- Kompetensi kewirausahaan dan pengembangan bisnis. 

Salah satu bantuan pembiayaan UMKM tersebut berupa PNM Mekaar. Adapun jumlah plafon pinjaman PNM Mekaar sebesar Rp2-5 juta. 

Syarat pinjaman PNM Mekaar,  merupakan pinjaman yang khusus dan tidak bisa asal. Nah, dikutip dari berbagai sumber inilah beberapa syarat wajib untuk pinjaman PNM Mekaar terbaru. 

- Perempuan prasejahtera pelaku UMKM. 

- Berusia 18 -- 55 tahun.

- Telah memiliki modal kerja. 

- E-KTP. 

- Fotokopi Identitas Diri. 

- Membuat kelompok minimal 10 orang dengan satu ketua kelompok . 

- Surat / dokumen agunan 

- Mau melakukan setoran rutin untuk membayar angsuran semua anggota grup 

Jadi pinjaman ini merupakan pinjaman khusus untuk kelompok usaha. Maka dari itu beberapa syarat mungkin perlu dikumpulkan menjadi satu seperti infomasi anggota kelompok usaha tersebut. 

Ada juga struktur anggota,  di dalamnya terdapat ketua kelompok usaha. Sistem pinjaman di PNM Mekaar juga tidak mensyaratkan agunan fisik. Namun untuk kesadaran dan kedisiplinan dalam membayar angsuran perlu ditanamkan ke semua anggota. 

Dikutip dari laman resmi PNM Mekaar kalau ada kriteria wajib untuk nasabah yang hendak mengajukan pinjaman di PNM Mekaar. Baik perorangan maupun kelompok usaha sendiri, antara lain:

- Layanan diperuntukan kepada perempuan prasejahtera sebagai pelaku usaha ultra mikro 

- Satu kelompok minimal terdiri atas 10 nasabah/anggota 

- Setiap kelompok terdapat satu ketua 

- Pertemuan kelompok mingguan (PKM) dilaksanakan satu kali dalam seminggu, kegiatan untuk membayar angsuran mingguan dan pembinaan usaha. 

- Pembiayaan tidak mensyaratkan agunan fisik, melainkan bersifat tanggung renteng kelompok, dengan syarat kedisplinan untuk mengikuti proses Persiapan Pembiayaan dan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM). 

PNM Mekaar sampai saat ini telah memberikan layanan pembiayaan pendampingan kepada lebih dari 12,4 juta orang di seluruh provinsi Indonesia dengan lebih dari 3.500 kantor layanan yang tersebar di seluruh Indonesia. 

PNM juga menyediakan layanan PNM Mekaar Syariah sebagai layanan pemberdayaan berbasis kelompok sesuai ketentuan hukum Islam yang berdasarkan fatwa dan/atau pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia yang ditujukan bagi perempuan pra-sejahtera pelaku usaha ultra mikro. (*)

Tombol Google News

Tags:

PNM modal pinjaman Mekaar usaha