Kisah Dibalik 'Titian Tak Bertepi', Novel Perdana Nadia Maharani

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: M. Rifat

2 Maret 2024 19:09 2 Mar 2024 19:09

Thumbnail Kisah Dibalik 'Titian Tak Bertepi', Novel Perdana Nadia Maharani Watermark Ketik
Penyerahan novel dari penerbit yang diwakili Anugerah Sukma Putera atau Nunu kepada Nadia Maharani menandai peluncuran novel ini (1/3/2024). (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Nadia Maharani adalah adik kandung penyanyi Yogyakarta yang banyak dikenal masyarakat lewat beberapa single hits yakni Nabila Maharani. Pada 1 Maret 2024 dia meluncurkan novel perdananya yang berjudul Titian Tak Bertepi.

Perlu diketahui, selama ini Nadia Maharani banyak dikenal sebagai konten creator di media sosial, baik youtube, tiktok maupun instagram.

Acara peluncuran novel hasil karya dara cantik berusia 19 tahun tersebut hampir bersamaan dengan realese lagu karya Nabila Maharani yang diekstrak dari novel karya Nadia. Selanjutnya akan disusul dengan penayangan short movienya minggu depan.

Bambang Widhyo Sadmo, ayah Nadia pada saat peluncuran novel di Warung Makan Ayam Goreng Bugisan (AGB) miliknya menyampaikan, novel perdana Nadia tersebut merupakan release-an pertama dari Trisna Management. Ia sebutkan pula Trisna kepanjangan dari Tri Suaka dan Nabila Maharani.

"Peluncuran atau launching novel Titian Tak Bertepi, dikolaborasikan dengan karya lagu Nabila Maharani dan suaminya Tri Suaka dengan judul Titian Tak Bertepi yang juga release di channel Youtube Trisna Music. Sebuah chanel Youtube yang menyuguhkan karya-karya Tri Suaka dan Nabila Maharani," jelasnya.

Diceritakan oleh Nadia Maharani, sejak masih duduk di bangku SMA dirinya sering menulis cerita di diary pribadinya. Saat itu apa yang ia tulis tidak pernah diceritakan pada siapa-siapa.

Nah, kegemaran dan bakatnya menulis ternyata sudah dilirik oleh ayahnya. Hingga saat libur kuliah selama beberapa bulan ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat sejumlah draft cerita dari sekian banyak tulisan yang pernah dibuat tersebut.

Ia kemudian memilih salah satu karyanya yang berjudul Titian Tak Bertepi. Selanjutnya hasil karya Nadia oleh ayahnya didorong untuk dijadikan novel.

Nadia mengaku keinginannya berkarya menulis novel karena terinspirasi dan termotivasi kakaknya (Nabila dan Trisuaka, red). Mereka berdua selama ini sudah aktif memiliki karya dan konten.

Foto Tri Suaka dan Nabila Maharani turut mendampingi Nadia Maharani pada saat peluncuran novel Titian Tak Bertepi. (Foto: Fajar Rianto / Ketik.co.id)Tri Suaka dan Nabila Maharani turut mendampingi Nadia Maharani pada saat peluncuran novel Titian Tak Bertepi (1/3/2024). (Foto: Fajar Rianto/Ketik.co.id)

Akhirnya Nadia mulai mendokumentasikan dan memvisualkan tulisan-tulisannya dalam bentuk novel melalui support dari manajemen Trisna Indo Digital. Selain ayahnya, Nabila dan Tri Suaka juga mensupport langkah Nadia dengan membikinkan sebuah lagu yang terinspirasi dari novel karya adiknya tersebut.

Sementara itu Nabila Maharani menceritakan proses pembuatan lagu yang terinspirasi dari novel karya adiknya tersebut. Dimulai dari membaca novel, berdiskusi hingga akhirnya lirik lagu rampung dalam waktu satu hari.

"Cerita yang tertulis dalam lagu ini, full di ambil dari novel Titian Tak Bertepi karya Nadia," terangnya.

Novel  setebal 208 halaman tersebut merupakan novel fiksi percintaan. Berisikan dinamika hubungan sepasang kekasih. Menceritakan seorang mahasiswi cantik yang terkadang cengeng dan penuh kebimbangan yang bernama Dina. Pertemuannya dengan Bian membuatnya belajar banyak hal dan membuat Dina merasa tumbuh sebuah bunga di hatinya.

Namun, belum sampai Dina memetik indah bunga yang mekar di hatinya, beberapa badai melanda. Permasalahan demi permasalahan mewarnai hubungan Dina dan Bian. Hati Dina sangat sakit dan terus bertanya, ke manakah aku harus melangkah? Akankah titian yang dilaluinya dan serasa tak bertepi ini mempunyai ujung kebahagiaan seperti yang diharapkan?.

Menurut Nadia, selain mengajarkan arti kehidupan, novel hasil karyanya tersebut juga menunjukan bahwa perbedaan bukanlah halangan dalam hubungan percintaan. Alur cerita yang dibangun cukup dapat mengaduk perasaan pembaca, melalui penokohan karakter-karakter antagonis maupun protagonis serta penggambaran kejadian-kejadian seru secara natural.

Pemasaran novel produksi CV. Trisna Indo Digital tahun 2024 ini dilakukan melalui digital market, di antaranya toko orange, tiktok dan berbagai store yang ada dengan jangkauan pasar lebih ke indie. (*)

Tombol Google News

Tags:

Nabila Maharani Nadia Maharari Tri Suaka Ayam Goreng Bugisan Launcing Novel Titian Tak Bertepi Artis Penyanyi Yogyakarta
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1