Komisi XI DPR RI Apresiasi OJK Gandeng Muhammadiyah dalam Sosialisasi Literasi Keuangan

Editor: Akhmad Sugriwa

17 Juni 2023 12:43 17 Jun 2023 12:43

Thumbnail Komisi XI DPR RI Apresiasi OJK Gandeng Muhammadiyah dalam Sosialisasi Literasi Keuangan Watermark Ketik
Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Najib Qodratullah menerima cindera mata dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kab Bandung, saat edukasi literasi keuangan bersama OJK di GOR Sajabat, Kec Majalaya, Kab Bandung, Sabtu (17/6/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggandeng Ormas Islam Muhammadiyah dalam program Sosialisasi dan Edukasi Literasi Keuangan. Program ini juga merupakan jaring aspirasi anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Najib Qodratullah.

Kali ini edukasi program dan kebijakan OJK disosialisasikan kepada para pelajar yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Kabupaten Bandung, di GOR Sajabat, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Sabtu (17/6/2023).

Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Najib Qodratullah mengapresiasi langkah OJK Regional 2 Jawa Barat yang banyak mensosialisasikan literasi keuangan secara dini ke kalangan pelajar dan mahasiswa.

Najib mengatakan sosialisasi bertema Pelajar Sehat Finansial ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan akses keuangan bagi pelajar, sekaligus memberi motivasi kepada pelajar tentang pengelolaan keuangan. 

“Sebagai mitra kerja Komisi XI, kami mendorong OJK bersama perbankan dan pemerintah daerah meningkatkan literasi dan inklusi keuangan kepada masyarakat termasuk kalangan pelajar dan mahasiswa,” kata Najib di hadapan ratusan pelajar yang hadir.

Menurut Najib, pihaknya berkewajiban untuk turut mensosialisasikan agar masyarakat paham sejak dini tentang keuangan.

“Pengenalan keuangan dan perbankan kepada anak usia dini ini untuk mendidik pelajar agar tidak konsumtif. Kedua, agar pelajar mulai belajar mengelola keuangan sejak dini dan meningkatkan kemampuan antisipatif atau jaga-jaga untuk keperluan biaya yang tidak terduga. Dan ketiga, kami juga harus mengenalkan lembaga-lembaga keuangan negara,” sebut anggota Fraksi PAN DPR RI ini.

Najib mencontohkan, dalam kegiatan sosialisasi literasi keuangan ini, anak sekolah diberikan literasi atau pemahaman tentang keuangan dan perbankan, bagaimana menabung di bank, berinvestasi dengan baik dan mengakses jasa keuangan secara sehat.

Kendati begitu Najib lebih memotivasi dan menekankan agar para pelajar dan mahasiswa bisa lebih mandiri dan mendorong mereka untuk menjadi pengusaha.

Foto Deklarasi Pelajar Sehat Finansial bersama IPM, Komisi XI DPR RI dan OJK, di GOR Sajabat, Kec Majalaya, Kab Bandung, Sabtu (17/6/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)Deklarasi Pelajar Sehat Finansial bersama IPM, Komisi XI DPR RI dan OJK, di GOR Sajabat, Kec Majalaya, Kab Bandung, Sabtu (17/6/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

Sementara Sekretaris Umum Pimpinan Daerah AMM Kabupaten Bandung, Faisal Kartapermana menambahkan, sosiaslisasi edukasi literasi keuangan dari OJK bersama Ahmad Najib Qodratullah ini sangat bermanfaat bagi para kader Angkatan Muda Muhammadiyah dalam membangun kapasitas dan kualitas terkait dengan literasi keuangan.

"Yang kedua, memang kawan-kawan di AMM belum terlalu melek dengan literasi keuangan. Jadi, dengan hadirnya program literasi keuangan dari Pak Najib dan OJK ini tentunya memberikan pencerahan kawan-kawan di AMM terkait literasi keuangan ," kata Faisal.

Manfaat lainnya agar para pelajar dan mahasiswa tidak sampai terjebak ke dalam aktivitas ilegal terkait keuangan seperti kredit atau pinjaman online yang sangat mudah diakses.

"Dengan mendapat pengetahuan literasi keuangan, kawan-kawan nantinya bisa mengetahui bahkan berpikir ulang saat akan meangakses kredit dan pinjol," ujar Faisal.

Namun pada intinya, tandas dia, pihaknya ingin agar para pelajar dan mahasiswa bisa lebih mandiri melalui "Deklarasi Pelajar Sehat Finansial" agar mereka bisa lebih mandiri dalam mengelola keuangannya masing-masing, baik secara individul maupun secara organisasi.(*)
 

Tombol Google News

Tags:

KOMISI XI DPR RI DPR RI ahmad najib qodratullah Muhammadiyah OJK literasi keaungan