Lestarikan Budaya Lokal, GWK Culture Park Kenalkan Budaya Literasi Kesenian Bali 

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

1 Juni 2023 08:34 1 Jun 2023 08:34

Thumbnail Lestarikan Budaya Lokal, GWK Culture Park Kenalkan Budaya Literasi Kesenian Bali  Watermark Ketik
Suasana literasi budaya di GWK Culture Park. (Foto: Dok. Alam Sutera) 

KETIK, BADUNG – Untuk mendukung program pemerintah mengenai mengenalkan budaya literasi bagi masyarakat Indonesia khususnya anak-anak sekolah dasar, PT Alam Sutera Realty Tbk bersama dengan anak perusahaan, PT Garuda Adhimatra Indonesia secara berkelanjutan menyelenggarakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan mengundang siswa Sekolah Dasar Negeri 03 Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Selain membiasakan budaya literasi sejak dini, GWK mengajak siswa mencintai seni budaya Indonesia melalui tarian dan musik daerah.

Dimulai dari pemutaran film animasi “Petualangan Garuda Cilik” di Sineloka, pembagian buku cerita bergambar, edukasi mengenai rebana dan angklung    oleh Tim Atraksi GWK, serta pengenalan akan beberapa kesenian tari budaya Bali, seperti Tari Kebyar Duduk, Tari Sekar Jepun, dan Tari Topeng Monyet.

Program budaya literasi ini dihadiri oleh Rossie Andriani selaku Corporate Communication Division Head Alam Sutera Group dan diikuti oleh sekitar 200 siswa/i beserta guru pendamping yang terlihat sangat antusias.

Menurut Rossie Andriani, literasi dalam kebudayaan Bali yang indah dan kaya akan nilai luhur yang baik, diharapkan mampu menjadi pedoman pemikiran dan perilaku anak dalam masa pertumbuhan, di mana hal ini juga selaras dengan program pemerintah terkait literasi anak Sekolah Dasar.

"Tidak hanya berfokus pada budaya literasi, program ini juga mengedukasi kesenian musik dan tarian lokal Bali. Selain menonton Film Petualang Garuda Cilik, siswa/i diajak menyaksikan tarian Bali, belajar tari serta bermain alat musik angklung dan rebana untuk menambah wawasan musik daerah," ujarnya.

Program CSR dalam rangka meningkatkan budaya literasi ini akan terus berkelanjutan selama tahun 2023 bagi anak-anak usia Sekolah Dasar di seluruh Bali.

Program ini telah dua kali dilakukan dengan sejumlah kurang lebih 400 anak-anak Sekolah Dasar telah turut berpartisipasi.

GWK Cultural Park sendiri selalu berupaya melestarikan kebudayaan lokal dengan menyuguhkan berbagai kesenian dan budaya Bali, dengan mengajak anak- anak usia sekolah dasar untuk dapat menikmati pemutaran film di Sineloka, pementasan atraksi seni tari dan musik di Amphitheater setiap hari. (*)

Tombol Google News

Tags:

CSR budaya literasi PT Alam Sutera Realty GWK Culture Park