Libur Nasional Hari Lahir Pancasila, KAI Daop Surabaya: Terjadi Lonjakan Penumpang

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Rudi

31 Mei 2023 00:32 31 Mei 2023 00:32

Thumbnail Libur Nasional Hari Lahir Pancasila, KAI Daop Surabaya: Terjadi Lonjakan Penumpang Watermark Ketik
Penumpang KA di Stasiun Gubeng Surabaya. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 8 (Daop) Surabaya mencatat terjadi lonjakan penumpang atau kenaikan pemesanan tiket hingga 31 Mei 2023. Khususnya saat menjelang libur Hari Lahir Pancasila.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan 12.000 tiket telah terjual pada hari tersebut. Sedangkan sebelumnya jumlah pelanggan yang memesan tiket kereta api jarak jauh 10.800 tiket.

"Rincian pelanggan yang memesan pada Rabu (31/5/2023), sebanyak 3.564 pelanggan berangkat dari Stasiun Surabaya Gubeng. Lalu 3.581 pelanggan berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi, dan 2.104 pelanggan dari Stasiun Malang," kata Luqman dilansir RRI, Rabu (31/5/2023). 

"Selebihnya merupakan pelanggan yang berangkat dari stasiun wilayah Daop 8 Surabaya lainnya. Seperti Mojokerto, Bojonegoro, Sidoarjo, Bangil, dan lainnya," ujarnya.

Jumlah pelanggan tersebut, menurut dia, dapat berubah karena pemesanan tiket secara daring masih terus berlangsung. Serta masih bisa membeli tiket di stasiun yang dilakukan tiga jam sebelum keberangkatan.

"Serta pembelian tarif khusus dua jam sebelum keberangkatan. Tujuan favorit para pelanggan pada libur panjang akhir pekan tersebut di dominasi KA dengan tujuan Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, serta menuju Jember dan Banyuwangi," ucapnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya mengimbau agar masyarakat memperhatikan tiket KA jarak jauh yang telah terbeli dengan jadwal keberangkatan pada 1 Juni ke atas. Mengingat pada hari itu sudah berlaku jadwal perjalanan KA berdasarkan grafik perjalanan Kereta Api (Gapeka) Tahun 2023.

"Perhatikan kembali jadwal keberangkatan KA yang tercetak di tiket. Karena banyak jadwal keberangkatan KA yang berubah," katanya. (*)

Tombol Google News

Tags:

KAI Kereta Api Surabaya libur nasional