Liburan Ke Yogyakarta Gunakan Tol Fungsional Solo-Jogja, Pangkas Waktu 1 Jam Perjalanan

Oleh: Kiagus Firdaus

26 Desember 2023 08:39 26 Des 2023 08:39

Thumbnail Liburan Ke Yogyakarta Gunakan Tol Fungsional Solo-Jogja, Pangkas Waktu 1 Jam Perjalanan Watermark Ketik
Nampak suasana jalan Tol fungsional Solo-Jogja yang sudah bisa digunakan dengan marka dan rambu sementara. (Foto: Kiagus Firdaus/Ketik).

KETIK, YOGYAKARTA – Suasana libur panjang dalam rangka Natal 2023 danTahun Baru 2024 (Nataru) nampak dimanfaatkan antusias oleh masyarakat karena liburan akhir tahun kali ini juga bertepatan dengan libur anak-anak sekolah.

Salah satu destinasi favorit yang selalu ramai dikunjungi setiap libur panjang adalah Kota Jogja.

Hampir semua pengunjung wisata ke Jogja rata-rata melakukan perjalanan dengan jalur darat mengingat posisi Jogja yang berada di tengah pulau Jawa. Banyak pengunjung wisata baik dari arah Jakarta maupun arah Surabaya menggunakan mobil pribadi menuju wisata impian liburan keluarga.

Guna menyambut libur panjang Nataru khususnya membludaknya arus yang masuk ke Jogja agar tidak terjadi kemacetan seperti libur panjang sebelumnya, maka Jasa Marga memberlakukan buka tutup tol fungsional Solo Jogja secara gratis mulai jam 06.00-18.00 WIB setiap harinya selama libur Nataru.

Foto Rambu hati-hati di jalan, banyak terpampang di sepanjang jalan tol fungsional Solo JogjaRambu hati-hati di jalan, banyak terpampang di sepanjang jalan tol fungsional Solo Jogja

Jurnalis Ketik berkesempatan mencoba tol fungsional Solo Jogja dan melaporkan suasana sepanjang perjalanan melalui tol fungsional Solo Jogja tersebut.

Berangkat dari Kota Surabaya Jurnalis Ketik melakukan perjalanan melalui jalan tol dan langsung exit Solo masuk gate Colomadu.

Ketika mendekati exit Colomadu kita sudah bisa melihat banyak petugas dari Jasa Marga yang sudah mengarahkan kalau mau ke Jogja diarahkan menggunakan lajur sebelah kanan langsung masuk ke tol fungsional Solo Jogja, termasuk banyak tanda marka arah panduan menuju Jogja ambil lajur kanan.

Sepanjang perjalanan melalui tol fungsional Solo Jogja memang nampak pekerjaan tol tersebut belum selesai seratus persen, mengingat mulai dari pintu gate masuk hingga sepanjang perjalanan pagar pembatas lajur kanan juga masih menggunakan pembatas sementara.

Tidak hanya pembatas pagar lajur kanan yang nampak masih sementara, marka rambu lalu lintaspun masih menggunakan marka rambu sementara, yang mulus baru ruas jalannya saja yang sudah bisa kita lalui.

Sesekali sepanjang jalan kita masih melihat alat berat yang masih bekerja pada arus sebaliknya Jogja Solo.

Foto Menjelang exit Kuncen Klaten terdapat pos jaga dari petugas Jasa Marga yang mengarahkan semua kendaraan untuk exit disiniMenjelang exit Kuncen Klaten terdapat pos jaga dari petugas Jasa Marga yang mengarahkan semua kendaraan untuk exit disini

Tol fungsional Solo Jogja sepanjang 13 kilometer tersebut kita lalui hanya dalam waktu kurang lebih 10 menit dan kita akan keluar di exit tol Kuncen Klaten lanjut masuk jalan raya utama Kota Klaten hingga terus menuju Jogja.

Lumayan biasanya kita kalau dari Surabaya full via tol ke Jogja rata-rata bisa menumpuh waktu 4-5 jam tetapi dengan adanya tol fungsional ini dapat menghemat waktu hingga 1 jam karena kita terbebas dari arus kemacetan yang biasa terjadi di jalur exit Colomadu Surakarta hingga Klaten. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jogja Yogyakarta TOL jasa marga Jalan tol Tol fungsional Solo Jogja Solo