Mahasiswa Undika Ciptakan BhinekaCo, Board Game Edukatif Berbasis AR untuk Kenalkan Budaya Nusantara

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

25 Januari 2025 14:01 25 Jan 2025 14:01

Thumbnail Mahasiswa Undika Ciptakan BhinekaCo, Board Game Edukatif Berbasis AR untuk Kenalkan Budaya Nusantara Watermark Ketik
Permainan BhinekaCo hasil karya Mahasiswa Universitas Dinamika. (Foto: Undika)

KETIK, SURABAYA – Kegiatan pendidikan tidak harus melulu dilakukan di sekolah. Dalam memberikan edukasi bisa dilakukan dimana saja dengan cara yang menyenangkan.

Berangkat dari hal tersebut tiga mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Dinamika (Undika) memperkenalkan hasil karya mereka yakni board game yang bernama ‘BhinekaCo’.

Board Game ini rencananya akan diperkenalkan kepada para anak asuh Wepose pada Minggu 26 Januari 2025. Wepose sendiri adalah salah satu organisasi peduli anak di Surabaya yang sudah berkecimpung cukup lama untuk memberikan dukungan dan pendidikan bagi anak-anak.

Tegar Prasetiyo, perwakilan mahasiswa Undika mengatakan permainan BhinekaCo merupakan sebuah permainan yang berbentuk seperti Uno Stacko, namun dengan desain yang unik dan karakter-karakter di permainan ini mengenakan pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia.

"Melalui permainan ini kami ingin mengajak anak anak berinteraksi dengan teknologi dan budaya Indonesia melalui kegiatan yang mendidik," jelas Tegar, Sabtu 25 Januari 2025.

BhinekaCo dibekali oleh teknologi augmented reality (AR). Para permain dapat berinteraksi lebih dalam dan mendapatkan pengalaman yang lebih hidup dan berwarna. Tidak hanya menerapkan teknologi, permainan ini juga memiliki nilai sosial dan edukatif.

"Adik-adik dari Wepose bisa belajar lebih jauh tentang keragaman budaya Indonesia dengan cara yang seru dan mudah dipahami," tambahnya.

Selain memiliki nilai edukasi, permainan BhinekaCo ini sebelumnya telah berhasil menggondol penghargaan juara 1 dalam Lomba Business Plan ITB-I Expo 2024 yang diselenggarakan secara online di Riau.

“Ini adalah pencapaian besar bagi tim kami, karena kami berhasil menunjukkan ide inovatif yang kami punya dan kemampuan untuk mengaplikasikan teknologi dengan cara yang kreatif," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Board game Universitas Dinamika BhinekaCo budaya Nusantara Edukasi permainan