Makin Gemoy, Ini 5 Tips Bikin Kucing Makin Gemuk

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

1 Oktober 2023 01:00 1 Okt 2023 01:00

Thumbnail Makin Gemoy, Ini 5 Tips Bikin Kucing Makin Gemuk Watermark Ketik
Ilustrasi kucing gemuk. (Foto: Bored Panda)

KETIK, SURABAYA – Memiliki kucing yang gemuk dan sehat tentu menjadi keinginan pecinta anabul. Perhatian khusus dibutuhkan agar kucing semakin sehat dan memiliki badan yang besar dan gemoy.

Dikutip dari buku yang berjudul Complete Guide Book For Your Cat, N.S Budiana (2014:74), pemberian pakan kucing harus memperhatikan jumlah nutrisi dan tingkat kebutuhan kucing. Kesalahan takaran dapat menyebabkan kucing kekurangan atau kelebihan gizi.

Ini lima tips agar kucing makin gemuk 

1. Jumlah makanan kucing 

Pastikan kucing kesayangan kamu mendapatkan jumlah makanan yang tepat sesuai dengan usia, berat badan, dan tingkat aktivitasnya.

2. Pilih makanan yang berkualitas

Tips selanjutnya yang dapat kamu lakukan yakni dengan memilih makanan kucing berkualitas tinggi yang kaya nutrisi dan rendah lemak.

Hindari memberikan makanan manusia yang bisa berbahaya bagi kucing.

3. Tambahkan minyak ikan

Minyak ikan sangat bagus untuk kucing, dengan aroma serta rasanya yang amis membantu meningkatkan nafsu makan kucing. Selain itu, minyak ikan juga mengandung omega-3 yang bagus untuk kesehatan jantung kucing.

Manfaat minyak ikan bagi kucing untuk memberikan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan kucing, berikan minyak ikan pada anabul seminggu sekali.

4. Berikan cemilan sehat

Untuk membantu berat badan kucing bertambah, Anda juga dapat menambahkan camilan sehat di antara waktu makan. Caranya dengan menyiapkan beberapa snack kesukaannya dengan porsi secukupnya.

Saat ini sudah banyak tersedia jenis snack kucing di pasaran, mulai dari yang teksturnya basah maupun kering. Snack ini juga dapat menjadi pelengkap nutrisi yang tentu disukai kucing.

5. Pemeriksaan rutin

Pastikan untuk membawa kucing ke dokter hewan secara rutin untuk memastikan kesehatan yang baik. Dokter hewan akan memberikan panduan dan nasihat sesuai dengan kebutuhan spesifik kucing.

Jika kucing mengalami kesulitan menambah berat badan, dokter hewan dapat melakukan pemeriksaan mendalam dan menyarankan langkah-langkah yang diperlukan.(*)

Tombol Google News

Tags:

kucing kucing gemuk cara menggemukan kucing anabul