Mario Suryo Aji Lanjut Tarung di Moto3 Tahun Depan

Editor: M. Rifat

28 September 2022 04:00 28 Sep 2022 04:00

Thumbnail Mario Suryo Aji Lanjut Tarung di Moto3 Tahun Depan Watermark Ketik
Mario Suryo Aji (kanan) berfoto bersama Taiyo Furusato (kiri) dan Hiroshi Aoyama (Foto : dok. Honda Team Asia)

KETIK, SURABAYA – Penampilan pembalap Indonesia Mario Suryo Aji di ajang balapan grand prix dunia dipastikan bakal berlanjut depan. Itu setelah kemarin Honda Team Asia mengumumkan secara resmi skuad yang akan mereka usung dalam balapan Moto3 2023. 

Dalam pengumuman itu, Mario disebutkan bakal tetap dipercaya menunggangi salah satu motor NSF250RW milik Honda Team Asia yang akan bertarung di Moto3 tahun depan. Pembalap asal Magetan, Jawa Timur tersebut akan tetap berpasangan dengan rekan setimnya saat ini yakni pembalap Jepang, Taiyo Furusato.

“Aku bahagia bisa bertahan di sini,” ucap Mario dalam rilis resmi Honda. “Aku akan bekerja keras di musim dingin mendatang untuk bisa tampil lebih kuat musim depan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan kepercayaan ini kepadaku,” tambah pembalap binaan Astra Honda Racing School 2016 tersebut.

Di tahun pertamanya tampil di ajang grand prix Moto3 tahun ini, penampilan Mario sudah menjanjikan. Pada GP Indonesia di sirkuit Mandalika Maret lalu, dia bahkan langsung berhasil meraih posisi start di barisan front row alias posisi ketiga.

Dari 16 balapan Moto3 yang sudah berlangsung tahun ini, Mario juga sudah dua kali memetik poin yakni di GP Indonesia dan GP Italia. Pada GP Jepang pekan lalu (24/9), Mario bahkan berhasil meraih catatan waktu tercepat di posisi kedua pada sesi latihan bebas kedua alias Free Practice 2 (FP2).

Manajer Honda Team Asia, Hiroshi Aoyama, mengatakan, raihan-raihan yang diukir Mario tahun ini menunjukkan dirinya adalah pembalap yang cepat beradaptasi. Selain itu, pembalap 18 tahun tersebut terus menunjukkan kemauan keras untuk belajar dan mental yang baik dalam bertarung dengan pembalap-pembalap lain di level grand prix.  

“Mario Suryo Aji dan Taiyo Furusato adalah dua rookie kami yang sangat menjanjikan di tahun pertama kami bekerja sama. Mereka terus menunjukkan kerja keras, belajar, dan perkembangannya di setiap seri. Kami ingin menjaga kemajuan ini dan melihat apa yang bisa mereka tunjukkan di musim depan,” ucap Aoyama dalam rilis yang sama.

Foto Mario Suryo Ajo saat tampil di sirkuit Mugello, Italia (Foto : dok. Honda Team Asia)Mario Suryo Ajo saat tampil di sirkuit Mugello, Italia (Foto : dok. Honda Team Asia)

Selain mengumumkan skuad yang akan mereka usung di Moto3 tahun depan, Honda Team Asia juga mengumumkan skuad yang akan mereka boyong di ajang Moto2 2023. Di kelas tersebut, Honda Team Asia juga masih mempercayakan kedua motor mereka kepada dua rider mereka musim ini yakni Somkiat Chantra (Thailand) dan Ai Ogura (Jepang).

Keputusan itu sangat wajar. Pasalnya, sepanjang tahun ini Chantra dan Ogura tampil apik dengan total mempersembahkan 11podium untuk timnya di Moto2. Bahkan, pada GP Austria mereka mampu mempersembahkan podium 1-2 untuk Honda Team Asia.

Selain itu, keduanya juga mempersembahkan double podium dengan finis di posisi 2-3 pada GP Argentina. Ogura saat ini bahkan berada di peringkat kedua klasemen pembalap. Dia menempel ketat Augusto Fernandez (Red Bull KTM Ajo) yang ada di puncak klasemen dengan hanya terpaut dua poin. 

Artinya, dengan empat balapan tersisa musim ini, kans Ogura untuk menjadi juara dunia Moto2 tahun ini masih terbuka sangat lebar. Gara-gara performa apik ini juga sempat beredar rumor yang menyebut dia bakal dipromosikan ke MotoGP musim depan oleh Honda.

Dia sebut-sebut akan tampil di tim satelit Honda di MotoGP yakni LCR. Namun, rumor tersebut hilang setelah Honda akhirnya memperpanjang kontrak Takaaki Nakagami. Pembalap Jepang itu akan bertahan di LCR tahun depan untuk berpasangan dengan Alex Rins.

Tombol Google News

Tags:

Olahraga Motorsport mario suryo aji Moto3 Moto2 MotoGP