Mau Travelling? Ikuti Ketentuan Ukuran Koper yang Boleh Dibawa

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

28 Januari 2023 23:49 28 Jan 2023 23:49

Thumbnail Mau Travelling? Ikuti Ketentuan Ukuran Koper yang Boleh Dibawa Watermark Ketik
Ilustrasi Traveler. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Berlibur atau travelling adalah kegiatan yang menyenangkan. Kiita dapat mengunjungi tempat wisata untuk melepaskan penat dari semua pekerjaan dikantor. Untuk menuju tempat wisata pun kita dapat memilih berbagai pilihan transportasi seperti darat, laut, bahkan udara jika tempat yang dituju.

Saat ini transportasi udara kerap menjadi pilihan bagi para traveller karena waktu tempuh yang lebih pendek. Namun ada hal yang perlu diperhatikan saat memilih transportasi udara.

Sebelum itu, pastikan ukuran kopermu telah sesuai agar lebih praktis dan muat di kabin pesawat. Lantas, berapa sih kira-kira ukuran koper kabin yang tepat?

Pada dasarnya, ukuran koper kabin yang ideal bergantung pada kebijakan masing-masing maskapai, seperti dilansir International Air Transport Association (IATA), pemberlakuan ini biasanya diikuti aturan-aturan tertentu, seperti berat, ukuran, serta jenis tas yang digunakan.

Namun, umumnya ukuran koper kabin yang tepat adalah yang memiliki panjang maksimal 56x45x25 cm. Ukuran ini telah termasuk roda, kantung koper, dan gagang koper.

Adapun berat koper yang diperbolehkan ialah maksimal 7 kilogram. Selebihnya kamu perlu mengeluarkan biaya atau akan disarankan masuk ke bagasi.

Selain memilih koper dengan ukuran dan berat yang tepat, kamu juga harus memperhatikan aturan barang bawaan yang diperbolehkan. Menurut situs resmi beberapa maskapai penerbangan, aturan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Dilarang membawa benda tajam

Benda-benda tajam seperti, pisau, gunting, jarum, hingga silet gak diperkenankan untuk dibawa di dalam kabin. Selain itu, dilarang pula membawa alat olahraga berukuran besar.

2. Senjata api dan gas juga tidak diperbolehkan

Selain benda tajam, senjata api dan gas juga dilarang dibawa pada penerbangan sipil. Pasalnya, benda tersebut berpotensi melukai atau menimbulkan sesuatu yang gak diinginkan.

3. Dilarang membawa cairan lebih dari 100 ml

Terdapat aturan penerbangan terkait pembatasan jumlah cairan dan bahan gel, yakni gak lebih dari 100 militer saat masuk koper kabin. Jadi, bila nantinya kamu membawa cairan lebih dari ketentuan, bersiaplah untuk diminta menguranginya. Namun, ada pengeculian untuk penderita dengan gejala tertentu dan produk kebutuhan bayi.

4. Tunjukkan barang elektronik

Sebelum masuk pesawat, barang elektronik seperti laptop perlu ditunjukkan pada petugas saat proses menuju boarding pesawat. Namun, untuk powerbank masih boleh dibawa, asalkan gak melebihi daya maksimum dari ketentuan masing-masing maskapai.

Nah sekarang kamu sudah tau kan mengenai berbagai aturan barang bawaan yang diperbolehkan di pesawat. Semoga dengan ini rencana liburanmu dapat terlaksana dengan menyenangkan dan berkesan.(*)

Tags:

Traveling liburan pesawat Koper wisata