Menengok Indahnya Desa Wisata Kota Batu

Jurnalis: Sholeh
Editor: Naufal Ardiansyah

31 Juli 2023 22:03 31 Jul 2023 22:03

Thumbnail Menengok Indahnya Desa Wisata Kota Batu Watermark Ketik
Petik stroberi di Desa Wisata Pandanrejo kecamatan Bumiaji Kota Batu. (Foto: Sholeh/Ketik.co.id)

KETIK, BATU – Kota Wisata Batu Jawa Timur memang memiliki berbagai destinasi wisata. Baik destinasi wisata buatan yang dikelola swasta maupun destinasi alam yang dikelola oleh pemerintah. 

Kota Wisata Batu berada di ketinggian rata-rata 980 Mdpl dengan suhu udara rata-rata mencapai 11-19 derajat Celsius. Sehingga kota batu memiliki suhu udara yang sejuk.

Saat Anda bosan dengan wisata yang itu itu saja saat berkunjung ke Kota Batu, maka Desa Wisata berikut layak anda kunjungi saat berwisata ke Kota Batu.

Desa Wisata Pandanrejo 

Desa Wisata Pandanrejo kecamatan Bumiaji Kota Batu, merupakan Desa wisata yang memanfaatkan potensi pertanian sebagai objek wisata. Salah satunya wisata petik stroberi yang dikelola karang taruna. Kemudian, juga ada wisata susur sungai atau tubing di kali jowo.

Bagi anda penyuka andrenalin, di desa wisata Pandanrejo juga ada arum jeram menyusuri arus deras di Sungai Brantas. 

Jika masih belum puas, wisatawan juga bisa mencoba outbound Fun, sirkuit game dan high rope. Pengunjung juga bisa mencoba permainan paint ball di Wisata Desa Pandanrejo.

Desa Wisata Bumiaji

Desa Wisata Bumiaji memiliki wisata religi makam Mbah Ghonaim atau Mbah Batu. Mbah Batu ini berkaitan erat dengan asal usul Kota Batu.

Selain itu, Desa Bumiaji, punya banyak potensi yang menarik. Potensi alam yang melimpah, menjadi desa ini juga jujugan para wisatawan. diantaranya, wisata petik apel, wisata petik jeruk dan wisata petik jambu.

Berikutnya dihadirkan pula beragam wisata edukasi. Antara lain wisata edukasi pembuatan orange cake, edukasi budidaya kambing dan edukasi membatik Bantengan khas Kota Batu.

Desa Oro-oro Ombo

Desa Oro Oro Ombo terkenal akan adanya air terjun Coban Rais. Desa ini memiliki keindahan pemandangan gunung yang sangat cantik karena berada di ketinggian ±700 – 730 meter mdpl.

Ketinggian Air Terjun Coban Rais mencapai 20 meter. Di area wisata Coban Rais juga terdapat area camping.  

Desa Wisata Oro Oro Ombo juga memiliki objek wisata petik buah dan sayur. Wisata petik buah yang sudah dikembangkan adalah wisata petik buah jeruk. (*)

Tombol Google News

Tags:

desa wisata Wisata Kota Batu Kota Batu Kota Wisata Batu