Mengandung Gula Tinggi, Hati-hati Konsumsi Vitamin Kunyah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Irwansyah

14 Januari 2023 11:33 14 Jan 2023 11:33

Thumbnail Mengandung Gula Tinggi, Hati-hati Konsumsi Vitamin Kunyah Watermark Ketik
Ilustrasi Vitamin Kunyah. (Foto: Pixabay )

KETIK, JAKARTA – Vitamin adalah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh tidak bisa memproduksi vitamin, oleh sebab itu vitamin didapatkan dari luar seperti makanan atau suplemen.

Berbicara mengenai suplemen, saat ini banyak berbagai jenis suplemen yang beredar di pasaran, baik dalam bentuk tablet, kalpsul, sirup maupun kunyah.

Vitamin kunyah merupakan sebuah inovasi dimana kita mencukupi kebutuhan vitamin dengan cara yang mudah dan enak.

Vitamin kunyah memiliki tekstur yang kenyal, lembut dan rasa yang manis. Namun, di balik itu, hal ini bisa membuat orang mengonsumsi terlalu banyak vitamin yang meningkatkan risiko terjadinya berbagai efek samping.

Berikut beberapa dampak buruk konsumsi vitamin gummy yang terlalu banyak.

1. Keracunan vitamin

Seperti kata pepatah jika segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Hal ini juga berlaku bagi vitamin kunyah. 

Vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin A, D, E, dan K lebih sulit untuk dicerna dan diserap, sehingga dapat menumpuk di organ dan jaringan. Dilansir laman The Healthy, mengonsumsi nutrisi dosis tinggi dalam jangka waktu singkat dapat menyebabkan sakit perut hingga rawat inap akibat keracunan vitamin.

2. Asupan gula berlebih

Meskipun mengandung vitamin tetapi, vitamin jenis ini sebenarnya adalah permen. Dijelaskan laman SELF, vitamin kunyah mengandung lebih banyak gula. Sebenarnya, jika dikonsumsi sesuai petunjuk, ini tidak akan membahayakan kesehatan. Namun, orang cenderung mengonsumsi vitamin kunyah secara berlebihan, terlebih bagi anak-anak.

3. Kelebiham Vitamin Dikeluarkan dari Tubuh

Kelebihan vitamin akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine, dijelaskan laman Eat This Not That. Inilah sebabnya urine mungkin berubah menjadi kuning cerah setelah kamu mengonsumsi suplemen. Ini pada akhirnya hanya membuang-buang uang.

Sering kali, tubuh cukup mendapatkan nutrisi dari makanan sehingga kamu tidak membutuhkan suplemen. 

4. Pencernaan terganggu

Vitamin kunyah dapat mengandung bahan yang mengiritasi sistem pencernaan, dijelaskan laman Eat This Not That. Misalnya, vitamin C yang lebih tinggi dari 2.000 miligram dapat menyebabkan kram, mual, dan diare.

Ditambah, permen bertekstur lunak memiliki persentase gula alkohol yang tinggi. Gula alkohol bersifat mengganggu pencernaan, terkadang menyebabkan gas, diare, dan bahkan sindrom iritasi usus besar. 

5. Kandungan Vitamin Sering Tidak Sesuai

menurut laman Eat This Not That, vitamin kunyah sering kali tidak mengandung vitamin dalam jumlah seperti yang tercantum.

Selain itu, vitamin biasanya terdegradasi dalam permen dari waktu ke waktu. Akhirnya, vitamin yang terkandung jauh di bawah apa yang disebutkan dalam kemasan. Jadi, sebanyak apa pun vitamin yang dikonsumsi, ini tidak akan mampu mengatasi kekurangan nutrisi. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

kesehatan Vitamin Gula Vitamin Kunyah