Mengenal Dua Arca Koleksi Museum Mpu Purwa yang Ditemukan di Kota Malang

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

22 September 2024 11:57 22 Sep 2024 11:57

Thumbnail Mengenal Dua Arca Koleksi Museum Mpu Purwa yang Ditemukan di Kota Malang Watermark Ketik
Dua arca yang ditemukan di wilayah Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Museum Mpu Purwa memiliki 136 koleksi yang telah terdata di Registrasi Nasional Museum. Koleksi-koleksi di Museum Mpu Purwa mayoritas berasal dari peninggalan Kerajaan Singosari, Kediri, hingga Majapahit.

Dari banyaknya koleksi yang ada, beberapa ditemukan di wilayah Kota Malang, termasuk Arca Pertapa dan Ganesha. Tak heran jika kedua arca tersebut termasuk dalam koleksi master piece Museum Mpu Purwa.

Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Malang, Rakai Hino menjelaskan kedua arca ini memiliki gaya yang unik. Seperti Arca Ganesha yang hanya ada empat di Indonesia, salah satunya Museum Mpu Purwa.

"Uniknya, Arca Ganesha di sini, di bawahnya ada tikusnya sebagai kendaraannya. Itu tidak dimiliki oleh Arca Ganesha lain secara umum," ujar Rakai, Minggu, 22 September 2024.

Foto Koleksi lainnya yang ada di Museum Mpu Purwa Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)Koleksi lainnya yang ada di Museum Mpu Purwa Kota Malang. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

Arca tersebut menjadi koleksi Museum Mpu Purwa sejak sekitar tahun 2010 yang dimiliki oleh rekan Sumatri, Juru Pemelihara Museum Mpu Purwa saat itu. Setelah dicek, ternyata koleksi tersebut merupakan arca asli, kemudian diserahkan ke Museum Mpu Purwa.

"Itu peninggalan Kerajaan Singasari, dilihat dari model raut wajahnya seperti ganas. Dari atribut cenderung ke masa Singasari sehingga kita kategorikan Peninggalan Singasari. Namun masanya raja siapa itu kita gak bisa mengkategorikan," lanjutnya.

Sedangkan untuk Arca Pertapa, meskipun hanya arca biasa namun yang menjadikan unik ialah adanya ornamen keris yang tersalip di belakang punggung kanannya. Arca tersebut dapat membuktikan bawa keris merupakan budaya asli dari Indonesia.

"Arca lainnya rata-rata kerisnya dipegang, tapi yang ditaruh di belakang ya di arca ini, menunjukkan seperti apa posisinya. Ketika di manten keris ditaruh di kanan, dari sastranya juga ngomong sebelah kanan, artefaknya juga menunjukkan contoh ke kita bahwa kaya gini loh memakai keris itu," terangnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Museum Mpu Purwa Arca Ganesha Acra Pertapa Koleksi Museum Mpu Purwa Museum Kota Malang Kota Malang