Mengkonsumsi Makanan ini, Ternyata Baik untuk Jaga Kesehatan Usus

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

19 Juli 2023 18:06 19 Jul 2023 18:06

Thumbnail Mengkonsumsi Makanan ini, Ternyata Baik untuk Jaga Kesehatan Usus Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Andrea/Pexels)

KETIK, SURABAYA – Usus merupakan salah satu organ pencernaan yang memiliki peran penting. Dalam usus terjadi proses penyerapan sari makanan dan juga pembuangan sisa pencernaan. Usus yang sehat juga menjadi kunci tubuh bugar dan berstamina. 

Selain itu kesehatan usus juga berpengaruh pada fungsi otak, suasana hati baik, dan meningkatkan kesehatan mental. Untuk menjaga kesehatan usus bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat. 

Foto Kimchi. (Foto: Makafood/Pexels)Kimchi, makanan hasil fermentasi. (Foto: Makafood/Pexels)

Melansir dari Eating Well terdapat beberapa makanan yang berguna untuk menjaga kesehatan usus. Berikut ini kami uraikan untuk anda.

1. Kimchi

Bagi anda penggemar K-pop atau drama korea pasti sudah tidak asing dengan kimchi. Kimchi merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari sayuran khas negeri gingseng Korea. Makanan ini mengandung nutrisi dengan sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker.

2. Tempe

Makanan khas Indonesia yang terbuat dari kedelai ini rupanya sudah dikenal sejak lama memiliki manfaat untuk usus. Kedelai yang digunakan untuk membuat tempe mengandung prebiotik dan probiotik yang penting untuk merangsang pertumbuhan bakteri baik di usus.

3. Buah Naga

 Buah naga dikenal memiliki kandungan serat yang baik untuk membantu memperlancar BAB. Usus yang sehat ditandai dengan BAB yang lancar. Agar tidak bosan, selain dikonsumsi langsung buah naga juga bisa smoothie untuk sarapan sebagai variasi penyajian.

4. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan dalam berbagai bahan masakan. Ternyata selain berguna sebagai bumbu masak, bawang putih dengan kandungan prebiotiknya memiliki manfaat menjaga kesehatan usus. 

Selain itu tanaman ini juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

5. Oat

Oat merupakan menu yang biasa disantap saat sarapan. Bahan makanan ini memiliki kandungan prebiotik ditambah serat, karbohidrat kompleks dan protein nabati yang baik untuk kesehatan usus.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pencernaan Makanan Sehat Kimchi oat Kesehatan usus