Merasakan Semangat SMAN 1 Barat Magetan di Karnaval HUT Ke-79 RI

Kontributor: Nafadyla Rofiqoh Qoibidatul Wafina
Editor: M. Rifat

31 Agustus 2024 10:06 31 Agt 2024 10:06

Thumbnail Merasakan Semangat SMAN 1 Barat Magetan di Karnaval HUT Ke-79 RI Watermark Ketik
Penampilan tim Karnaval SMA Negeri 1 Barat Magetan, Minggu 25 Agustus 2024.(Foto: SMAN 1 Barat Magetan for Ketik.co.id)

KETIK, MAGETAN – Setiap tahun Agustus jadi bulan yang sangat ditunggu-tunggu rakyat Indonesia. Tentu karena Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) jatuh pada 17 Agustus 1945.

Perayaan HUT RI begitu spesial setiap tahun. Selalu dinanti seluruh lapisan masyarakat. Selain upacara, banyak kegiatan menarik yang dilaksanakan.

Salah satunya setiap tahun ada tradisi karnaval yang diadakan menyemarakkan HUT RI. Termasuk di Kabupaten Magetan. SMA Negeri 1 Barat tampil luar biasa pada Karnaval Kabupaten Magetan tahun ini yang diadakan di Maospati, Magetan, Jawa Timur.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Karnaval yang biasanya bertempat di Alun-Alun Magetan tahun ini pindah di kampus UNESA yang baru saja diresmikan.

Jarak yang ditempuh untuk karnaval bermulai dari SDN Garuda - Kampus UNESA sekitar 2 km. Karnaval dimulai pukul 15.00 WIB hingga 18.00 WIB, Minggu, 25 Agustus 2024.

Foto Tim Karnaval SMA Negeri 1 Barat Magetan (Foto: SMAN 1 Barat Magetan for Ketik.co.id)Tim Karnaval SMA Negeri 1 Barat Magetan (Foto: SMAN 1 Barat Magetan for Ketik.co.id)

Tim karnaval SMAN 1 Barat tampil semarak. Semangat mereka membara. Tema yang mereka angkat "Jayalah Negeriku" sukses memberikan energi positif dan semangat nasionalisme masyarakat yang menonton.

Ada kurang lebih 60 siswa yang ikut ambil bagian dan menjadi tim karnaval mereka. Tak hanya semangat, penampilan mereka all out dan menarik. Semua memikat perhatian dan senyum penonton.

Ada berbagai macam busana yang mereka peragakan. Ada burung merak, angsa, laut, hingga busana bernuansa Jawa. Semua busana ini proses pembuatannya tak kalah lama. Yakni dibuat oleh kelas 12 untuk ujian praktek dan kini digunakan untuk memeriahkan karnaval HUT ke-79 RI.

Foto Tim Karnaval SMA Negeri 1 Barat Magetan (Foto: SMAN 1 Barat Magetan for Ketik.co.id)Tim Karnaval SMA Negeri 1 Barat Magetan (Foto: SMAN 1 Barat Magetan for Ketik.co.id)

Bukan hanya busana daur ulang, SMAN 1 Barat juga menampilkan berbagai macam baju adat dari Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua Selain itu ada juga penampilan dari tim Paskibra mereka yang turut memeriahkan acara.

Semua itu membuat tim karnaval SMAN 1 Barat tampi beda dari peserta karnaval lainnya.

Bukan hanya itu, SMAN 1 Barat juga menampilkan pertunjukan barongsai dan naga. Barongsai dan naga mereka berwarna merah, hijau dan kuning. Semua menari-nari mengikuti alunan lagu dan berputar-putar sepanjang jalan.

Penampilan tersebut membuat acara semakin meriah dan menambah kebahagiaan untuk setiap orang yang melihatnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

SMAN 1 Barat Magetan Karnaval SMAN 1 Barat double track karnaval magetan