Meriah! Lomba Paskibra Festival 2024 Universitas Dinamika Diikuti Peserta Se-Jawa Timur

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Marno

4 Februari 2024 09:36 4 Feb 2024 09:36

Thumbnail Meriah! Lomba Paskibra Festival 2024 Universitas Dinamika Diikuti Peserta Se-Jawa Timur Watermark Ketik
Lomba Paskibraka Festival 2024 Universitas Dinamika Surabaya. (Foto: Siti Fatimah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Universitas Dinamika (Stikom)  menggelar lomba Paskibra tingkat Provinsi Jatim untuk merebut 5 Piala Bergilir pada, Minggu (4/2/2024).

Sebanyak 99 tim mengikuti Lomba Paskibraka Festival  mulai dari MTS, SMP, SMA, SMK dan MA. Menurut pantauan Ketik.co.id ada peserta mewakili Bangkalan Madura hingga dari Banyuwangi.

Foto SMPN 12 Surabaya mengikuti Lomba Paskibraka Festival 2024 Universitas Dinamika Surabaya. (Foto: Siti Fatimah/Ketik.co.id)SMPN 12 Surabaya mengikuti Lomba Paskibraka Festival 2024 Universitas Dinamika Surabaya. (Foto: Siti Fatimah/Ketik.co.id)

Salah satu peserta mewakili MTSn Bangkalan, Salma Dwi menjelaskan dirinya sangat senang karena bisa mengikuti lomba tingkat provinsi.

"Tadi menampilkan temanya lahirnya Paskibra, latihannya sekitar 1 bulan, ada 16 anak yang ikut. Alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar," jelas siswi yang dipercaya sebagai komandan pelton.

Ketua Pelaksana Lomba Paskibraka Festival 2024 Herdiansyah Dwi Saputra menjelaskan lomba ini memperebutkan 5 piala bergilir. Di antaranya, Piala Bergilir Gubernur Jawa Timur, Kapolrestabes Surabaya, Dansat Brimob Polda Jawa Timur,  dan Dandim 0831/ST. 50 piala lainnya.

Selain itu, ada 50 piala non bergilir dari berbagai macam penialaian. "Untuk hadiahnya, ada piala bergilir, ada piala non bergilir, ada beasiswa pendidikan 16 sampai 19 juta dan ada uang pembinaan," jelas Herdi.

Menurutnya lomba ini dibagi dua kategori, SMA sederajat dan SMP sederajat. Pihaknya menargetkan para peserta yang memiliki ketertarikan yang tinggi dan mempunyai formasi-formasi yang menarik dalam baris berbaris.

"Lomba ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme karena anak-anak ini bimbang  kan. Kita ingin mereka memiliki rasa nasionalis dan memiliki skill baris berbaris," paparnya.

Antusiasme peserta, cukup tinggi, mereka berasal dari beberapa daerah di Jawa Timur. Untuk penilaian lomba tidak hanya melalui kertas tetapi sudah menggunakan digital.

Foto Peserta Lomba Paskibraka Festival 2024 Universitas Dinamika Surabaya. (Foto: Siti Fatimah/Ketik.co.id)Peserta Lomba Paskibraka Festival 2024 Universitas Dinamika Surabaya. (Foto: Siti Fatimah/Ketik.co.id)

"Secara konsep kita berbeda, kita dari daftar ulang sudah pakai soft file tidak menggunakan kertas berlembar-lembar," tuturnya.

 Rektor Universitas Dinamika Prof. Budi Jatmiko menjelaskan tujuan acara ini untuk menjalin komunikasi dengan pihak sekolah. Serta memupuk kreativitas mengenai PBB dan melatih fokus yang tinggi. "Selain itu memiliki fokus yang tinggi, bisa memanage waktu dengan baik karena membutuhkan latihan yang tidak singkat," jelasnya.

Rektor berharap acara Lomba Paskibraka Festival 2024 dilaksanakan rutin setiap tahun. "Karena kita sudah minta piala bergilir  dari Gubernur, Dansat Brimob Polda Jatim,  Dandim 0831/ST, Kapolrestabes Surabaya," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Universitas Dinamika Stikom Lomba Paskibraka Piala Bergilir se Jawa Timur lomba paskibra lomba tingkat SMP lomba tingkat SMA Surabaya