Milad, Dekan FUAD IAIN Curup: Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Jadi Cikal Bakal Peradaban Umat

Jurnalis: Dwi Agustina
Editor: Muhammad Faizin

28 November 2023 10:29 28 Nov 2023 10:29

Thumbnail Milad, Dekan FUAD IAIN Curup: Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Jadi Cikal Bakal Peradaban Umat Watermark Ketik
Jurianto, M.Hum sebagai keynote speaker kegiatan workshop milad ke 5 prodi IPII (Foto: Reno Diqqi Alghzali/ Ketik.co.id)

KETIK, REJANG LEBONG – Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) punya peran strategis untuk kemajuan umat. Sebab, disiplin ilmu ini punya kontribusi dalam tingkat literasi masyarakat. 

"Karena Prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam ini merupakan cikal bakalnya peradaban umat yang ada di dunia. Perpustakaan merupakan jendela ilmu, bagi kita," ujar Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Dr. Fakhruddin, M.Pd, saat membuka workshop dan milad IPII ke-5 serta pelantikan dan peluncuran wadah alumni Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Senin, 27/11/23. 

"Karena itu, saat ini pemerintah telah membuat program 1 desa 1 pustakawan. Ini merupakan momentum bagi Prodi IPII untuk berperan mengambil langkah dan memperkenalkan diri ke masyarakat, dan mengajak masyarakat untuk melek terhadap prodi IPII ini," lanjut Fakhruddin.

Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (HMPS IPII) yang merupakan suatu organisasi mahasiswa yang beranggotakan mahasiswa ilmu perpustakaan dan informasi islam, menjadi pelaksana utama dalam kegiatan workshop dan milad IPII ke-5. Hal tersebut juga menjadi suatu kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh HMPS IPII dalam menyukseskan milad prodi IPII.

Sementara untuk pelantikan dan launching alumni prodi IPII merupakan kegiatan penggukuhan alumni ilmu perpustakaan dan informasi islam yang dimana menjadi terbentuknya kepengurusan alumni tersebut. 

Acara tersebut digelar di Aula Harun Ar Rasyid Perpustakaan IAIN Curup. Selain dekan, kegiatan ini dihadiri juga oleh Dosen dan Tenaga Kependidikan yang ada di lingkup Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Curup. 

Setelah kegiatan resmi pembukaan yang dibuka oleh dekan, dilanjutkan oleh pelaksanaan workshop yang diisi oleh Jurianto, S.Pd.I, M.Hum. sebagai pemateri pada workshop yang bertema 'Mengoptimalkan Kinerja Sistem Dengan Penggunaan SLiMS'

Workshop tersebut dihadiri oleh para mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam yang menjadi suatu kegiatan penting untuk mahasiswa IPII ke depannya nanti. (*)

Tombol Google News

Tags:

Ilmu Perpustakaan dan Informasi IAIN Curup FUAD IAIN Curup KPI BPI IAT IPII Milad ke 5 Workshop Perpustakaan