Minggu Besok KPU Jatim Akan Gelar Rapat Pleno Tertutup, Senin Pengundian Nomor Urut

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin

21 September 2024 05:30 21 Sep 2024 05:30

Thumbnail Minggu Besok KPU Jatim Akan Gelar Rapat Pleno Tertutup, Senin Pengundian Nomor Urut Watermark Ketik
Komisioner KPU Jatim, Choirul Umam saat diwawancarai di kantor KPU Jatim, Jumat, 20 September 2024. (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur memastikan akan melakukan pengambilan nomor dalam surat suara di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024, Senin, 23 September 2024 di Hotel Marcure. Sehingga dalam waktu dekat, KPU Jatim akan melakukan rapat pleno tertutup untuk menentukan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

Dalam Pilgub Jatim 2024 ini ada tiga bakal pasangan calon yang akan ikut dalam kontestasi politik Jawa Timur. Tiga pasangan calon yaitu Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, Tri Rismaharini-Gus Hans dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim. Dimana ketiganya telah dinyatakan lolos administrasi saat pendaftaran.

"Minggu, 22 September 2024 ini kami lakukan rapat pleno untuk menetapkan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim yang akan maju dalam kontestasi Pilgub Jatim 2024," ucap Komisioner KPU Jatim, Choirul Umam, Jumat, 20 September 2024.

Umam mengatakan jika dalam rapat pleno tersebut dilakukan secara tertutup. "Rapat pleno ini kami gelar di KPU Jawa Timur yang kami lakukan tertutup sesuai ketentuan Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2024," jelasnya.

Usai penetapan itu nantinya KPU Jatim, akan melanjutkan untuk pengundian nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. "Pengambilan nomor urut ini dilakukan dua kali, dimana pengambilan pertama itu untuk siapa terlebih dahulu yang mengambil nomor di kertas surat suara," ucap Umam.

Dalam pengundian nomor urut, wakil calon akan mengambil bola dengan nomor 1-14 dalam tabung fishball. Kemudian ditunjukkan kepada tamu undangan. Angka terkecil mendapat kesempatan pertama mengambil tiket undian nomor urut. 

Sementara Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) juga berlangsung pada hari yang sama. Bersamaan dengan proses dua tahapan itu, KPU Jatim juga menyelenggarakan Jambore Mahasiswa dan Deklarasi Kampanye Damai dalam waktu dekat.

Sedangkan Komisiner KPU Jatim Habib M Rohan menjelaskan, KPU Jatim juga menggelar jambore melibatkan organisasi kemahasiswaan dan eksternal. Seperti PMIII, GMNI dan Cipayung. Konsolidasi dalam jambore bertujuan membentuk 1000 Satgas Demokrasi.

"Acara tanggal 21 besok, lokasinya di Jatim Expo," kata Habib M Rohan.

Sementara Deklarasi Kampanye Damai bersama tiga Paslon yang telah mengantongi nomor urut. Acara berlangsung pada 24 September 2024 di Tugu Pahlawan Surabaya. (*)

Tombol Google News

Tags:

KPU Jatim Pilgub Jatim 2024 pengundian nomor urut Pilgub Jatim 2024 nomor urut Pilgub Jatim 2024 Jawa timur Pilkada 2024