Muspimnas II ISNU Dorong Adanya Cawapres dari Kader NU, 3 Nama Diusulkan

Jurnalis: Mustopa
Editor: M. Rifat

5 Agustus 2023 02:41 5 Agt 2023 02:41

Thumbnail Muspimnas II ISNU Dorong Adanya Cawapres dari Kader NU, 3 Nama Diusulkan Watermark Ketik
Pembukaan Muspimnas Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama 2023, (4/8/2023) (Foto: ISNU)

KETIK, JAKARTA – Musyawarah pimpinan nasional (Muspimnas) II Ikatan Sarjana Nahdlatul ulama (ISNU) berlangsung lancar. Acara digelar di Hotel Swarna Dwipa Palembang pada tanggal 4-5 Agustus 2023.

Muspimnas dihadiri sekitar 200 pimpinan wilayah yang terdiri Ketua dan Sekretaris PW ISNU se-Indonesia. Hadir pula Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru.

Ketua Umum PP ISNU Dr KH Ali Masykur Musa dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal penting yang harus dilakukan organisasinya. Mulai dari pengkaderan dan digitalisasi organisasi.

Peran sosial politik dan ekonomi ISNU juga ditekankan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Pasulukan Al-Masykuriyyah ini. Termasuk dalam penguatan perekat kebangsaan dan keagamaan.

Ada beberapa poin yang dihasilkan dari Muspimnas II. Seperti menyetujui rencana Kongres PP ISNU ke-3 paling lambat setahun setelah masa periode kepengurusan berakhir yakni setelah Pilpres 2024.

Rencana Muspimnas III juga dibahas dalam acara yang berlangsung di Kota Pempek tersebut. Banyak pimpinan dari luar pulau Jawa yang menghendaki sebagai tuan rumah.

Pimpinan Pusat ISNU juga mengusulkan 9 poin program kerja dan rekomendasi termasuk peran ISNU untuk berkontribusi aktif dalam Pilpres 2024. Salah satunya dengan mendorong adanya cawapres dari kader NU.

Hasilnya, ada tiga nama yang diusulkan untuk menjadi calon wakil presiden dari NU. Yakni Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Muhaimin Iskandar dan Ketua ISNU DR KH Ali Masykur Musa.

Dalam kegiatan tersebut, Pimpinan Wilayah Jawa Timur yang diwakili Prof. M. Mas'ud Said memaparkan sejumlah program yang dijalankan PW ISNU Jatim. Laporan tersebut mendapat apresiasi dari peserta Muspimnas.

Beberapa hal yang dilaporkan PW ISNU Jatim di antaranya dokumen kegiatan sejak 2018-2023 yang tersusun rapi. Serta inovasi yang dilakukan dengan hadirnya situs www.isnujatim.org yang telah dikunjungi lebih dari 230.316 visitors.(*)

Tombol Google News

Tags:

Muspimnas ISNU