Pangkoarmada II Siap Beri Dukungan KPU Jatim untuk Pengiriman Logistik Pemilu

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

20 Oktober 2023 11:45 20 Okt 2023 11:45

Thumbnail Pangkoarmada II Siap Beri Dukungan KPU Jatim untuk Pengiriman Logistik Pemilu Watermark Ketik
Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Komando Armada II (Koarmada II) TNI Angkatan Laut menyatakan siap membantu pendistribusian logistik pemilu 2024. Menurut Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan mengatakan sejumlah kapal perang siap digunakan untuk membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"Saat ini memang masih belum ada permintaan dari KPU, tapi jika nanti diminta kami akan siapkan armada kapal perang," jelas Yayan Sofiyan kepada media online nasional Ketik.co.id, Jumat (20/10/2023).

Mengenai jumlah kapal, Yayan menambahkan hal ini masih menunggu permintaan dari KPU Jatim. Koarmada II sendiri memiliki kapal yang siaga setiap saat. Kapal ini biasanya digunakan untuk kegiatan operasi rutin. Nantinya terkait kapal mana yang akan digunakan tergantung medan yang ditempuh, volume logistik dan lokasi tujuan.

"Untuk pengiriman terngantung medan, volume barang dan lokasi. Yang pasti kita ada kapal yang siaga yang memang digunakan untuk kegiatan rutin," tambahnya.

Sebelumnya Ketua KPU Jatim Choirul Anam menuturkan untuk pengiriman logistik pemilu di wilayah kepulauan akan menggunakan kapal. Jenis kapal yang digunakan juga tergantung dari cuaca, jika cuaca baik maka KPU Jatim akan menggunakan kapal reguler. Namun jika kondisi cuaca buruk pihaknya akan meminta bantuan TNI AL untuk menggunakan kapal perang.

Wilayah yang mendapatkan perhatian adalah Kabupaten Sumenep. Seperti diketahui Sumenep memiliki wilayah kepulauan yang cukup banyak. Dengan 126 pulau tentu menjadi tantangan tersendiri bagi KPU Jatim untuk mengirimkan logistik ke wilayah tersebut.

"Ke Sumenep ini kapalnya tentatif ya. Kami lihat cuaca dulu. Kalau baik yang bisa lewat kapal biasa tapi kalau cuaca buruk ya pakai kapal TNI," pungkas Choirul. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pangkoarmada II Yayan Sofiyan KPU Jatim Logistik pemilu2024 pilpres2024 Laksda TNI Koarmada II