Para Job Seeker Cek! Berikut Tips Negosiasi Gaji yang Baik ala Kemnaker RI

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

26 November 2023 09:01 26 Nov 2023 09:01

Thumbnail Para Job Seeker Cek! Berikut Tips Negosiasi Gaji yang Baik ala Kemnaker RI Watermark Ketik
Pelamar kerja sedang wawancara dengan sebuah perusahaan di Job Fair yang digelar Pemkot Batu beberapa waktu lalu (Foto: Sholeh/ketik.co.id)

KETIK, BATU – Mencari pekerjaan merupakan hal yang sering dicoba oleh mayoritas lulusan sekolah. Baik lulusan kuliah maupun SMA atau SMK, mereka berbondong-bondong mendatangi pameran lowongan kerja. Kadang, mereka juga mencoba peruntungan dengan melamar pekerjaan melalui informasi secara online.

Ketika kamu melamar pekerjaan ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Mulai dari menulis lamaran, membuat curiculum vitae, Portofolio hingga menyiapkan ijazah dan sertifikat sertifikat pendukung.

Atau, jika kamu sudah lolos dari segi administrasi, maka yang harus disiapkan kemudian adalah sesi wawancara. Termasuk negosiasi tentang gaji yang akan kamu terima saat bekerja.

Berikut adalah tips negosiasi gaji yang baik seperti dilansir dari Instragram Kementrian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemenaker RI).

1. Riset gaji

Lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui rata-rata gaji di industri untuk menentukan tuntutan gajimu sebelum bekerja atau ketahuilah dulu UMK yang berlaku di mana kamu melamar pekerjaan tersebut

2. Tetapkan rentang gaji

Tentukan gaji yang realistis berdasarkan riset untuk memenuhi kebutuhan dan batasan yang masuk akal.

3. Fokus pada nilai

Fokus pada volume dan keterampilan yang akan ditawarkan ke perusahaan.

4. Siapkan argumen yang kuat

Persiapkan argumen yang akan mendukung tuntutan gaji, contoh tentang bagaimana kamu dapat berkontribusi kepada perusahaan.

5. Tetap sopan dan profesional

Tetaplah sopan profesional dan bersikap positif selama proses negoisasi.

Demikian tips negosiasi gaji yang baik. Semoga bermanfaat.(*)

Tombol Google News

Tags:

tips gaji wawancara lowongan pekerjaan