Pasangan BAIK Pakai Batik, Pasangan SAE Berbaju Putih saat Deklarasi Damai Pilkada Sidoarjo

Editor: Fathur Roziq

24 September 2024 19:35 24 Sep 2024 19:35

Thumbnail Pasangan BAIK Pakai Batik, Pasangan SAE Berbaju Putih saat Deklarasi Damai Pilkada Sidoarjo Watermark Ketik
Petugas penata panggung terlihat memberikan jarak pemisah antara Calon Bupati Sidoarjo Subandi dan Mas Iin sebelum penyerahan suvenir Guk Kasijo dari KPU Sidoarjo pada Selasa (24/9/2024). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Pasangan calon bupati Sidoarjo dan calon wakil bupati Sidoarjo sepakat berkampanye secara damai dalam Pilkada Sidoarjo 2024. Kesepakatan itu dideklarasikan bersama KPU Sidoarjo, Bawaslu Sidoarjo, partai-partai pengusung maupun pendukung di Hotel Aston Sidoarjo pada Selasa (24/9/2024).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo Fauzan Adhim memimpin pembacaan deklarasi dari atas panggung. Calon Bupati Sidoarjo Subandi dan Cawabup Mimik Idayana serta Mas Iin-Abah Edi mengikutinya.

”Kami calon bupati dan wakil bupati, partai politik pengusung serta tim kampanye dan para pendukung berjanji,” kata Fauzan Adhim.

Pertama, mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Kedua, melaksanakan kampanye pemilihan, yang aman, tertib, dan damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi SARA, dan tanpa politik uang.

Ketiga, melaksanakan kampanye pemilihan berdasar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Deklarasi Kampanye Damai itu kemudian ditandatangani oleh kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati. Masing-masing Calon Bupati Sidoarjo Subandi dan Calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana (Pasangan BAIK) serta Achmad Amir Aslichin dan Abah Edi (PASANGAN SAE).

Berikutnya, partai-partai pengusung dan pendukung, Ketua KPU Sidoarjo Fauzan Adhim, Ketua Bawaslu Sidoarjo Agung Nugraha, dan Sekda Fenny Apridawati juga bertanda tangan disaksikan oleh Forkopimda Kabupaten Sidoarjo.

Foto Calon Bupati Sidoarjo Subandi bersama Cawabup Mimik Idayana menandatangani deklarasi kampanye damai. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Calon Bupati Sidoarjo Subandi bersama Cawabup Mimik Idayana menandatangani deklarasi kampanye damai. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Selama prosesi deklarasi, terlihat suasana gembira di meja Pasangan BAIK. Calon Bupati Sidoarjo Subandi, Cawabup Mimik Idayana, maupun pendukung kompak mengenakan batik sesuai dress code acara hari itu.

Batik warna-warni yang dikenakan terlihat serasi. Termasuk, padu padan antara baju batik yang dipakai Calon Bupati Sidoarjo Subandi dan Calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana juga pas. Keduanya duduk satu meja dengan politisi muda.

Ada Ketua DPC Partai Demokrat Sidoarjo Zahlul Yussar, Ketua Partai DPD Golkar Sidoarjo Adam Rusydi, Bendahara DPC Partai Gerindra Sidoarjo Sujayadi. Ada pula Aulia Ulfa Mawardhika, politikus milenial cantik yang pernah menjadi jurnalis televisi. Usia mereka sekitar 30 sampai 40 tahun.

Semua terlihat asyik mengikuti suasana acara yang diwarnai pertunjukan tari, musik, maupun lawak. Dari meja sebelah, terlihat pula para ketua partai pendukung. Mereka penuh semangat meneriakkan, No. 1 BAIK. No. 1 BAIK. Beberapa kali menyebut nama Calon Bupati Sidoarjo Subandi dan Cawabup Mimik Idayana. Riang gembira.

Di meja lain, suasana terlihat tenang. Tim Pemenangan SAE duduk satu meja. Ada Ketua Tim Pemenangan SAE H Usman MKes. Ketua Dewan Syuro PKB KH Athoillah, serta Mas Iin dan Edi Widodo. Keduanya sama-sama mengenakan baju putih dan berkopiah. Mereka mengajak istri masing-masing. Tim pemenangan dan partai pengusung terlihat mengenakan batik.

Foto Cabup-cawabup Mas Iin-Abah Edi (Pasangan SAE) menandatangani deklarasi kampanye damai. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Cabup-cawabup Mas Iin-Abah Edi (Pasangan SAE) menandatangani deklarasi kampanye damai. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Para ketua partai pendukung duduk di meja sebelah. Mereka juga sering berteriak, ”SAE-SAE-SAE.” Ada Ketua DPC PDIP Sidoarjo Sumi Harsono, ada politikus PAN Imam Sugiri, dan lain-lain. Mereka juga ikut tampil ke panggung saat penyerahan suvenir dari KPU Sidoarjo. Maskot Guk Kasijo.  

Ketua KPU Sidoarjo Fauzan Adhim menyebutkan bahwa masa kampanye Pilkada Sidoarjo berlangsung pada 25 September 2024 sampai 23 November 2024. Pemilihan atau coblosan dihelat pada 27 November 2024. Dia mengajak para pemilih agar menggunakan hak pilihnya. Datang ke TPS masing-masing dengan suasana damai.

”Semoga dengan deklarasi damai ini, Pilkada Sidoarjo berlangsung jujur, damai dan amanah,” tegas Fauzan Adhim.

Sekda Fenny Apridawati mengingatkan hadirin bahwa kesuksesan Pilkada Sidoarjo 2024 ini bergantung pada semua pihak. Ketenangan dan kedamaian Sidoarjo juga merupakan tanggung jawab semua pihak. Begitu pula masa depan Kabupaten Sidoarjo menjadi tanggung jawab bersama. Dia mengimbau pemilih juga datang ke TPS pada 27 November mendatang.

Pasangan BAIK dan Pasangan SAE juga mengajak para pendukung untuk berkampanye secara damai. Calon Bupati Sidoarjo Subandi dan Calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana mengimbau seluruh pendukung untuk mengikuti dan melaksanakan kampanye dengan santun. Tidak melakukan black campign maupun menyerang pasangan lain.

”Mari kita ciptakan suasana pilkada yang damai dan riang gembira demi Sidoarjo yang lebih baik lagi,” tegas Calon Bupati Sidoarjo Subandi.

Calon Bupati Pasangan SAE Amir Aslichin juga mengajak para pendukung, relawan, dan partai pengusung mengutakan cara-cara yang baik dan berakhlak dalam melakukan kampanye. Para relawan pasangan SAE diharapkan menjadi contoh dalam menjaga Sidoarjo agar tetap kondusif.

”Saya mengajak seluruh relawan dan masyarakat Sidoarjo untuk melaksanakan kampanye dengan damai,” ujar Amir Aslichin.

Deklarasi Kampanye Damai ini tidak diwarnai acara salam-salaman atau pemberian ucapan antar pasangan calon. Begitu acara selesai, mereka pun foto-foto sendiri dengan tim masing-masing. (*)

 

Tombol Google News

Tags:

Calon Bupati Sidoarjo Subandi Calon Wakil Bupati Sidoarjo Mimik Idayana Pasangan BAIK Calon Wakil Bupati Abah Edi Calon Bupati Amir Aslichin Calon Wakil Bupati Edi Widodo Pasangan SAE Pilkada Sidoarjo 2024 Hotel Aston Sidoarjo KPU Sidoarjo Bawaslu Sidoarjo